Menilik Masa Depan ‘Negeri 1001 Pesona ‘

0
267

Muna Barat,News Warta Publik -‘Negeri 1001 Pesona’. Itulah jargon pariwisata Kabupaten Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Alibi instansi terkait mengusung jargon pariwisata Mubar dengan sebutan ‘Negeri 1001 Pesona’ karena wilayah Mubar kaya akan destinasi wisata. Ada puluhan wisata alam nan eksotis, wisata budaya dan kuliner.

Cukup beralasan bila Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Mubar, Abdul Nasir, menyebut sektor pariwisata dimasa mendatang akan menyumbang banyak Pendapatan Asli Daerah (PAD). Miliaran duit digelontorkan untuk program penataan destinasi wisata. Untuk tahun 2018 ini saja total dana yang dikucurkan berkisar Rp 2,8 miliar. Hal ini bertujuan agar fasilitas pendukung yang ada dilokasi wisata betul-betul memadai. Sehinga pengunjung yang hendak berlibur memperoleh kenyamanan.

Perangkat regulasi pendukung pun telah disiapkan. Selanjutnya, bila fasilitas pendukung telah rampung dan aturan soal retribusi dan lainnya tuntas, maka langkah berikutnya adalah promosi. Mengenai promosi wisata ini telah dilakukan. Namun baru sekedar memperkenalkan kepada khalayak bahwa Mubar punya destinasi wisata yang mempesona.

Pekerjaan Rumah (PR) bagi pemda Mubar ialah bagaimana pengunjung bisa berduyun-duyun ke Mubar? Soal ini mungkin instansi terkait sudah punya jurus jitu. Agar wisatawan bisa terketuk hatinya datang ke tempat-tempat wisata yang ada. Program pariwisata ini masih bergulir dan akan terus bergulir. Asa kita semua adalah dari pengembangan sektor pariwisata tersebut, punya dampak positif terhadap peningkatan ekonomi rakyat dan kemajuan Muna Barat di masa yang akan datang.

Ekspektasi publik akan masa depan kepariwisataan di Mubar begitu besar. Publik sangat berharap bidang pariwisata ini dapat mendongkrak perekonomian warga. Semua elemen atau pemangku kepentingan bersinergi dan komitmen menjadikan pariwisata sebagai aset bagi anak cucu kita dikemudian hari. Peran kita tentu harus sesuai dengan kapasitas yang melekat pada diri kita. [ Red ]

 

Penulis : La Ode Biku
News Warta Publik