Mengenal Sejarah Asal-Usul Keberadaan Sumur Bandung

    0
    1129

    Bandung, News Warta Publik- Ragam budaya dan kearifan lokal masyarakat di Negeri kita patut kita lestarikan salah satunya mengangkat serta memperkenalkan kepada publik.

    Saat ini news warta publik coba mengangkat tentang Sumur Bandung yang terletak di wilayah Bandung.

    Sumber yang kami dapatkan keberadaan Sumur Bandung menurut sejarah saat itu Gubernur Jenderal Daendels menancapkan tongkatnya tepatnya dekat sungai Cikapundung hal ini sebagai mulai berdirinya kota Bandung.

    Nama Bandung dan Cikapundung tersebut memang tidak bisa dipisahkan, saat itu sungai Cikapundung sering digunakan tempat beraktivitas masyarakat seperti mencuci mandi.

    Saat Bandung terserang wabah penyakit Colera ( muntaber ) pada tahun 1909, banyak warga terjangkit penyakit tersebut hinga banyak pula yang tidak terselamatkan nyawanya.

    Pemerintah akhirnya turun tangan untuk menanggulangi wabah penyakit tersebut dengan cara membuat beberapa buah sumur bor salah satunya di depan kantor Pos ( sebelah utara alun-alun ) yang saat ini kita kenal dengan nama sebutan Sumur Bandung, keberadaan sumur tersebut berada di dalam bangunan Kantor PLN.

    Sumur-sumur yang lainnya menyebar saat ini persisnya berada di daerah Cicendo dekat kantor gubernuran, diperempatan jalan Merdeka-Riau, juga kita temui di depan sekolah menak ( Tegallega ) serta didepan Kelenteng kawasan Ciroyom, kelima sumur tersebut hinga kini masih bisa kita temukan, nah itulah kenapa ada beberapa sumur yang kita kenal dengan sebutan Sumur Bandung. [ Red ]

     

    Reporter by John KS
    News Warta Publik

    Image sebandung.com