Cigombong, Pakuan pos – Pemerintah Desa Cisalada, Kecamatan Cigombong, baru – baru ini sedang merealilasikan bantuan Rehabilitasi 7 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warganya. Rehabilitasi Rumah tersebut merupakan bantuan pemerintah daerah Kabupaten Bogor melalui Dinas PUPR Tahun program 2020, dengan nilai bantuan per unit sebesar 15 juta rupiah.

“Ya tahun ini kami dapat program RTLH untuk tujuh rumah, sumber anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Bogor, nilai bantuannya masing-masing mendapat 15 juta,” kata Muhamad Dathul Kahfi, Selasa (4/8).

Diterangkannya, dari tujuh rumah, saat ini baru dua rumah yang hampir selesai dikerjakan. Namun demikian, pihaknya bakal melakukan upaya percepatan pembangunannya agar warga penerima RTLH dapat segera menikmati tempat tinggalnya yang lebih nyaman.

Sementara Ketua TPK Desa Cisalada, M Fauzi menyatakan ketujuh KK yang menerima program RTLH tahun ini ditetapkan sesuai hasil musyawarah semua unsur masyarakat dan pemerintah desa. Setelah melalui proses verifikasi dan telah memenuhi berbagai kriteria administrator, maka diusulan oleh kepala desa.

“Sebelumnya memang kita verifikasi dulu secara administrasi baik mulai dari KTP, kepemilikan lahan atau tanah, KK, keterangan penghasilan dan lainnya yang menyangkut persyaratan untuk menerima bantuan RTLH, setelah memenuhi syarat maka barulah ditentukan siapa penerima yang lebih Layak rumahnya direhab di Tahun ini.

Terpisah, Misbah salah satu warga penerima bantuan RTLH asal Kampung Cikupa rt 01/09 Desa Cisalada, mengaku senang atas bantuan yang diterumanya.

“Kami sekeluarga mengucapkan terima kasih kepada Pak Jaro Dadat juga terimakasih kepada ibu bupati yang telah membantu memperbaiki rumah kami. sehingga rumah kami sekarang lebih bagus dan sangat layak huni”, ungkapnya. (R Benz)