Masyarakat Wakoila Boikot Program DD DPRD Mubar Warning Instansi Terkait

0
270

Laworo, News Warta Publik -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna Barat (Mubar), warning instansi terkait agar menyelesaikan masalah yang terjadi di Desa Wakoila, Kecamatan Saweregadi. Hal itu disampaikan Anggota DPRD Mubar, Munawir Dio, saat dihubungi via selularnya, Jumat (28/09/18).

Menurutnya, instansi terkait harus cepat mengambil sikap untuk mencari solusi dari persoalan yang ada. “Sebab kalau tidak cepat ditangani, tidak menutup kemungkinan akan muncul konflik vertikal antara pemerintah desa dan warga,” tegas Munawir.

Ia menyarankan instansi terkait dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dalam menuntaskan persoalan itu melibatkan semua elemen.

“DPMD Mubar bersama pihak lain duduk bersama untuk mencari jalan keluar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Mubar, La Ode Tibolo mengatakan segera menuntaskan masalah di Desa Wakoila.

“Kita sudah melakukan langkah-langkah supaya DD (dana desa) ada progres. Sebab pelaksanaan pekerjaan DD tidak bisa dihalangi,” katanya.

Kata dia, pihaknya juga sudah kordinasi dengan camat, pendamping desa, tenaga ahli dan pihak kepolisian.

“Insya Allah, kegiatan DD di Wakoila segera jalan. Kita lagi menunggu Kepala Desa Wakoila, Abdul Hafiz pulang dari Kota Kendari. Karena pekerjaan DD dimulai, harus ada kepala desa,” tegasnya.

Menurut Tibolo terkait tuntutan warga soal pemecatan Kepala Desa Wakoila akan dilihat ke
kemudian.

“Kalau memang kepala desa ada dugaan penyelewengan DD tetap diproses. Tidak ada pilih kasih dalam penegakan hukum. Namun yang pasti ialah tuntutan pencopotan kepala desa, tidak bisa menghalangi pelaksanaan kegiatan DD,” jelas Tibolo via telepon.

Sekedar diketahui kegiatan DD DI Desa Wakoila saat ini belum ada kemajuan. Masalah ini mencuat, sejak ada silang pendapat tentang item pekerjaan jalan menuju kuburan dan pekerjaan lapangan sepakbola.[ Red ]

Kontributor by Laode Pialo
News Warta Publik