Ciburayut, Pakuan pos – Memasuki masa tenang usai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Panitia Pilkades Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, mulai melaksanakan pelipatan surat suara. Pelipatan surat suara itu dilaksanakan di aula kantor Desa Ciburayut, disaksikan oleh perwakilan ke lima calon kepala desa, Kamis (17/12/2020) malam.

Pelipatan kertas suara itu juga diawasi ketat oleh Bhabinkamtibmas Polsek Cijeruk – Cigombong Aiptu Rahmat dan Babinsa Koramil 2123 Sersan Mayor Mu’Ali. Hadir juga dalam kesempatan itu, Yedi, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cigombong selaku pembina panitia pilkades bersama anggota Sat Pol PP.

Sebelum memasuki ruang pelipatan kertas suara, para saksi perwakilan ke lima calon serta petugas pelipat diperiksa tubuhnya (body checking) oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk mengantisipasi tindakan oknum yang berniat curang terhadap keutuhan surat suara.

“Semua benda tajam seperti bolpoint, cincin serta benda – benda lain yang memungkinkan merobek kertas suara, termasuk jaket, untuk sementara diamankan”, ujar Sersan Mayor Mu’Ali.

Setelah semua yang terlibat dalam pelipatan kertas suara masuk ke dalam ruang pelipatan, semua pihak yang tidak berkepentingan dilarang masuk.

Hayadi Uryani, Ketua Panitia Pilkades Ciburayut, usai membuka bungkusan surat suara yang tersegel bersama Kasi Pemerintahan Kecamatan Cigombong dengan disaksikan oleh para saksi dan petugas, menyebutkan bahwa jumlah kertas suara yang disediakan berjumlah 9483 ditambah cadangan sebanyak 5 persen.

“Kami menyediakan surat suara cadangan sekitar empat ratus tujuh puluh lebih, untuk cadangan jika ada surat suara yang rusak”, jelasnya.

Hayadi menambahkan, pelipatan surat suara dilakukan secara tertutup tapi tetap transparan dengan melibatkan saksi dari perwakilan ke lima calon kepala desa. Dan tata cara pelipatan kertas suaranya pun sudah ditentukan dari percetakan, bahkan kolom tandatanganpun tidak mengenai foto para calon. (Raden)