Cigombong, Pakuan pos – Aksi Komunitas Masyarakat Peduli Lingkungan (Mapeling) di Kampung Pasir Menjul, Desa Pasir Jaya, Cigombong, Bogor, Jawa Barat ini patut diacungi jempol. Pasalnya dalam setiap kondisi darurat yang dialami masyarakat seperti musibah atau bencana, komunitas yang dipimpin Kang Hendar alias Kang Mapeng itu dengan sigap turun tangan untuk memberikan bantuan moril maupun materil.

Seperti halnya saat mereka mendengar bahwa sebagian bangunan rumah Ibu Siti Aras (70), warga Kampung Pasir Menjul Rt 02 Rw 02, Desa Pasir Jaya, yang Senin (19/10) pagi tadi, roboh.

Tak lama musibah terjadi, Komunitas Mapeling dipimpin langsung oleh Kang Mapeng beserta sejumlah anggotanya datang ke kediaman ibu Siti Aras. Tanpa dikomando lagi mereka langsung turun tangan memberikan bantuan. Selain memberi bantuan moril dan tenaga, mereka juga memberikan bantuan bahan material hasil swadaya murni dari para anggotanya.

Sebelumnya, Mapeling juga turun tangan membantu memperbaiki fasilitas umum turap penahan tanah yang longsor dihantam banjir, hingga memutuskan sebagian jalan lingkungan di wilayah pasir menjul kidul.

“Kami hanya menjalankan amanah dan kepedulian sosial itu hukumnya wajib bagi kami”, tandas Kang Mapeng singkat, di lokasi rumah roboh, didampingi Ketua Pemuda Pasir Jaya, disusul oleh hadirnya ketua Rt 1 dan 2 serta Ketua Rw 02 Pasir Menjul. (R. Bhenz)