Bogor, Pakuan pos – Dua desa di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor saling beradu ledakan karbit yang ditembakkan lewat pohon Kapuk yang dibuat seperti meriam di acara pesta rakyat ngadu bedug atau kuluwung yang dilangsungkan di Kampung Cihanjawar, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa barat. Sabtu, (15/6/19).

Pesta rakyat yang memakan anggaran hingga Rp350 juta ini, akan berlangsung selama dua hari dari Sabtu hingga Minggu (15-16). Selain anggaran yang besar, pihak panitia juga menyiapkan tidak kurang dari 2 ton karbit dan 10 ribu gulung petasan untuk menyemarakkan acara pesta rakyat tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sukamakmur, Ahmad Sukirman menyampaikan, acara ini baru digelar kembali setelah 13 tahun. Terakhir acara ini, dihelat tahun 2006 di lokasi yang sama karena masyarakat menyakini lokasi ini sangat cocok dan strategis. Di mana dua desa ini, dipisahkan oleh kali Cihanjawar.

“Kenapa baru digelar kembali, karena acara ini, tergantung petunjuk dari karuhun. Jadi, tidak bisa rutin sewaktu waktu. Kalo mitos dari orang sini bilang, acara ini digelar jika karuhun-karuhunnya sudah turun. Makanya kita hidupkan kembali dan lestarikan sebagai warisan tradisi budaya nenek moyang kita di sini,” ujarnya.

Pesta rakyat yang kembali dihidupkan tersebut juga, bukan hanya dihadiri oleh warga setempat juga dihadiri oleh wakil ketua DPR-RI Fadli Zon tampak memberikan semangat kepada peserta yang mengikuti kegiatan itu. Fadli, dengan senyum khasnya menyapa warga.

“Alhamdulillah pak Fadli Zon hadir dan berbaur dengan warga disini,” kata Ujang warga setempat. (Darma)