KPUD Mubar Tetapkan 231 Daftar Calon Tetap

0
273

Laworo, News Warta Publik – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Muna Barat (Mubar), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi menetapkan 231 daftar calon tetap (DCT) untuk ikut berkompetisi pada pemilu tahun 2019.

Ketua KPUD Mubar, Awaludin Usa menyampaikan bahwa penetapan 231 DCT tersebut dilakukan melalui rapat pleno tertutup di Kantor KPUD Mubar, Kamis (20/09/18).

Kata dia, 231 DCT ini dinyatakan telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai calon legislatif (caleg).
“Dasar aturannya mengacu pada PKPU No.20 tahun 2018 tentang pencalonan, mereka ini tak ada masalah lagi,” tegas Awaludin.

Lanjut Awaludin, 231 DCT tersebut merupakan caleg dari 14 parpol yang terdiri 142 laki-laki dan 89 caleg perempuan.

Meski demikian, kata awal 231 DCT itu tidak serta merta ikut pada pemilu 2019. Pasalnya, 14 parpol tersebut masih memiliki kewajiban yaitu menyerahkan dana kampanye.

“Batas waktu penyerahan dana kampanye sampai dengan 23 Sepetember 2018, pukul 18.00 Wita. Dan jika ada parpol terlambat menyetor, maka parpol bersangkutan dapat sanksi yakni batal ikut kontestasi pemilu 2019,” imbuhnya.

Karena itu, Awaludin menghimbau seluruh parpol agar penyetoran dana kampanyenya tepat waktu. “Kita menyarankan seperti itu. Sebab kalau dilanggar, konsekuensinya tidak bisa ikut pemilu,” katanya.

Awal juga menyampaikan bahwa dalam proses penetapan DCT pihak KPU menemukan dua caleg yang mengundurkan diri. Satu orang atas nama Wa Nina dari Partai Golkar berada di dapil dua. Sedangkan yang kedua adalah Desi Mari Padang dari PKS, yang wilayah pemilihannya di dapil tiga.

“Jadi caleg yang mundur ini tidak bisa diganti dengan calon. Tapi namanya tetap masuk dalam daftar caleg partai tersebut,” pungkasnya.[ Red ]

 

Kontributor by Laode Pialo
Nrws Warta Publik