Sukabumi, Pakuan pos – Koramil 2202 Palabuhanratu, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Korem 061/Suryakancana, Kodam III Siliwangi, Mabes TNI. Program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh pemerintah Pusat maupun Daerah untuk menstabilkan cadangan pangan yang ada dimasa pandemi Covid-19 ini. Kodim 0622 Kab Sukabumi tergugah membantu dengan mencanangkan pembuatan Demplot-demplot Percontohan di setiap Desa yang di prakarsai oleh para Babinsa koramil masing-masing di wilayah Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Menurut kapten Inf Budi Hadi Priyadi, selaku Danramil 2202 Palabuhanratu, paparkan bahwa Kodim 0622 melangkah bersama warga jaga ketahanan pangan. Hal ini sebagai wujud kepedulian dari kami dalam membantu dan berpartisipasi dalam menjaga ketahanan pangan seperti yang di perintahkan pemerintah terkait ketahanan pangan.

“Dari mulai, padi, sayuran, bawang dan lain-lain, kami bikin percontohan di setiap desa di koramilnya masing-masing, kebun contoh atau pertanian percontohan ini sekaligus memberikan pembinaan kepada masyarakat agar mendapatkan panen yang maksimal. Di wilayah Koramil saya lagi bikin demplot padi, bawang, dan lainnya,” ungkapnya Kamis (13/08/2020).

Bahwa, dari Kodam III Siliwangi telah mengembangkan Pupuk Cair Bioss 44 yang dibuat secara permentasi untuk di terapkan pada pertanian di demplot-demplot ini.

“Kodim 0622 mengembangkan lagi pupuk tersebut agar sesuai dengan karakteristik tanah disini, sehingga lebih baik dari pupuk-pupuk organik lainnya, agar hasil panen maksimal dan tetap dengan misi ramah lingkungan,” sambung Budi Hp Danramil 2202 Palabuhanratu.

Pupuk ini praktis, dan tidak kalah dengan pupuk organik-organik yang dibuat pabrik, dengan meyakinkan, dirinya berharap agar masyarakat bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal dengan perawatan yang minimal tentunya.

“Tujuan utama penerapan pupuk ini, adalah untuk meningkatkan hasil yang maksimal dengan biaya yang seminimal mungkin serta praktis dan efisien dan yang terpenting ramah lingkungan,” bebernya.

Selain untuk menjaga ketahanan pangan, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, berharap agar tetap tercapai kesejahteraan bagi para petani tentunya.

“Langkah ini, yang akhirnya diharapkan bisa memberikan manfaat yang luar biasa, sehingga kesejahteraan para petani meningkat, swasembada pangan tercapai dan ketahanan pangan tetap jadi garda terdepan, itu lah yang diharapkan Komandan Kita, Letkol Arm Suyikno,S.Sos sebagai Dandim Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi,” Jelasnya

Dalam hal penggunaan atau penerapan pupuk tadi, petani tidak bisa langsung percaya kalau belum ada bukti pastinya, dan itu hal yang biasa.
“Untuk itu lah, kami bikin Demplot-Demplot Percontohan dari awal menggunakan Bios 44 ciptaan kita, dari mulai olah lahan, masa tanam, disaat usia tanam dan panen, hasilnya bisa dibandingkan dengan pupuk-pupuk yang Lain,”

Bahwa pupuk Bios ini serba guna, bisa untuk ternak, pupuk pohon dan tanaman, bahkan untuk menetralkan air yang sudah tidak bisa ditanami ikan.

“Kita buat Demplot-demplot semua kolam ikan, padi, dan bawang. Sehingga nantinya para petani bisa melihat secara langsung, semoga kesejahteraan petani meningkat setelah nantinya mereka menggunakan Bios 44 ini.

Tetap berkarya di musim Pandemi Covid-19, Jangan lupa perhatikan dan jalankan protokol kesehatan, bersama Kodim 0622 Kita Produktif, Kreatif serta Inovatif,” pungkasnya. (Deva)