Cigombong, Pakuan Pos – Dua hari ini, Kelompok Kerja Masyarakat (KKM) Pamsimas Tirta Kahirupan Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, tengah melakukan pemasangan pipa saluran air. menurut Hermawan selaku ketua KKM, pekerjaan itu merupakan lanjutan paska terselesaikanya pembangunan bak di sumber air dan bak distribusi pada pekerjaan tahap pertama.

Hermawan yang didampingi Ketua Satlaknya Asep Muhendar menjelaskan, usai menyelesaikan bak penampungan di sumber air yang berlokasi di Kampung Pancuran Tujuh dan bak distribusi di Kampung Pasir Menjul Tonggoh, KKM serta Satlak Program Pamsimas III TA 2021, Desa Pasir Jaya, melaksanakan pemasangan pipa saluran air mulai dari sumber ke bak distribusi. Seperti sebelumnya, pelaksanaan pekerjaan tetap melibatkan swadaya dari masyarakat.

“Sebelumnya kami melakukan pengukuran ulang jarak dari sumber air ke bak distribusi serta jalur lintasan pipa distribusi. Hal itu kami lakukan agar ketersediaan pipa yang ada sesuai dengan kebutuhan. Setelah fix, baru kami lakukan pemasangan seperti yang terlihat sekarang”, kata Hermawan.

Asep Muhendar menambahkan, sepanjang pelaksanaan program di tahap I, menurutnya tidak ditemui kendala berarti. “Alhamdulillah sejak awal pekerjaan kami tidak menemui kendala besar. Paling cuma kendala cuaca yang gak menentu sama kendala tekhnis kecil yang bisa kami lewati. Semoga pekerjaan program perdana ini dapat kami selesaikan dengan sukses tanpa ekses”, harapnya. (Raden)