Jakarta, Pakuan pos – Ketua Satgas Covid-19 MUI, KH. Zaitun Rasmin menjelaskan bahwa Covid-19 adalah takdir dari Allah yang harus kita sikapi dengan benar dan tepat.

“Covid-19 telah banyak memakan korban, yang tedampak jauh lebih banyak. Tapi dia adalah takdir cobaan yang harus dihadapi dan disikapi dengan cara yang benar dan tepat, agar kita bisa meraih rahmat Allah dan hikmah-hikmah dibalik cobaan dan musibah ini,” ujarnya dalam keterangan via video yang di terima, pada Sabtu (18/4/2020).

Majelis Ulama Indonesia yang sangat peduli termasuk kemashalatan ummat dan bangsa. Bukan saja mengeluarkan fatwa dan himbauan. Tetapi membentuk Satgas Covid-19 MUI yang diharapkan mampu melaksanakan dua tugas pokok.

“Satgas Covid-19 MUI diharapkan memberikan edukasi dan pencerahan, termasuk menjelaskan fatwa-fatwa yang telah dikeluarkan MUI berkenan dengan virus yang sangat berbahaya. Bagaimana beribadah di kondisi seperti ini,” paparnya.

Wasekjen MUI tersebut menambahkan bahwa Satgas Covid-19 MUI dapat memberikan bimbingan kepada masyarakat dalam menyambut bulan ramadhan.

“Satgas ini diharapkan dapat memberikan bimbingan kepada mereka yang terpapar ataupun keluarganya atau masyarakat secara umum, termasuk dalam menghadapi bulan ramadhan. Bagaimana ibadah-ibadah kita di bulan ramadhan ini,” lanjutnya.

Selain itu, salah satu tugas pokok yang lain adalah bagaimana kita memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada yang terdampar dari virus yang cepat menyebar dan menular ini. Bantuan yang bukan saja penguatan spiritual, penguatan moral, penguatan sisi moril mereka dan juga bantuan materil.

“Diharapkan dibentuknya Satgas Covid-19 ini, MUI dapat ikut serta meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di situasi yang berat ini. Dimana begitu banyak yang dilanda kesedihan, dilanda duka, merintih, bingun, khawatir bahkan mungkin sudah banyak yang kesulitan mendapatkan kebutuhan pokoknya,” imbuhnya.

Mari bersama Satgas Covid-19 MUI ini untuk mengedukasi membantu masyarakat kita. Bantuan anda sangat berarti untuk meringankan saudara-saudara kita.

“Salah satu program yang kami luncurkan adalah Berseri (Bersedekah Seratus Ribuan). Juga kita perbanyak dia kepada Allah, semoga virus secepatnya terangkat dan hilang dari negeri kita serta seluruh dunia,” tutupnya. (M. Akbar)