Bogor, Pakuan Pos – Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko menutup gelaran nasional Deklarasi dan Rakernas SWI I di Kinasih Resort & Conference. Deklarasi dan Rakernas Sekber Wartawan Indonesia berlangsung dari tanggal 22-25 Juli 2022.

Gelaran Nasional itu dihadiri Pengurus DPW dan DPD dari Provinsi Aceh hingga Papua. Dalam acara penutupan Ketua Umum Sekber Wartawan Indonesia, Maryoko Aiko memberikan arahan penting untuk pengurus DPP, DPW dan DPD SWI.

“Secara adminitrasi, SWI sudah memenuhi syarat untuk masuk menjadi Dewan Pers. Jadi segera lakukan pendaftaran agar kawan-kawan kita secara syah mendapatkan pengakuan Dewan Pers sehingga tidak ada keraguan lagi dalam memberikan informasi kepada masyarakat secara berimbang dan bertanggung jawab.” tutur Aiko.

Seperti data Kemenhukham, SWI terdaftar di AHU oada tahun 2020 dan berkembang pesat dengan membentuk kepengurusan di seluruh wilayaj Indonesia.

“Pesan penting selanjutnya. Kita memasuki tahun politik. Untuk seluruh jurnalis yang tergabung di bawah SWI, tetap dalam pemberitaan, isu isu capres, caleg dan komponen politik lainnya tetap harus independen. Secara lembaga tentu SWI non partisan. Berikan porsi pemberitaan yang adil terhadap semua capres, caleg dll bila mereka melakukan rilis program-program mereka agar masyarakat mendapat informasi yang baik.” lanjut Ketum SWI.

Indonesia memasuki masa-masa menentukan menjelang tahun politik 2023-2024. Pemerintah sudah menentukan Pemilu dilakukan tahun 2024 dengan Pileg dilaksanakan di Bulan Februari 2024 dan Pilpres di bulan Oktober 2024.

“Terakhir Ketum mengucapkan banyak terima kasih. Deklarasi dan Rakernas SWI berjalan dengan baik. Meski kemarin ada sedikit situasi yang memanas karena perbedaan pendapat itu hal yang wajar. Itulah yang dinamakan demokrasi. Selamat jalan untuk semua rekan-rekan jurnalis. Kembangkan SWI di wilayah kalian. Jalankan fungsi jurnalisme yang independen dan merdeka.” tutup Aiko yang disambut dengan tepuk tangan peserta Deklarasi dan Rakernas SWI I.

Maryoko Aiko menjabat sebagai Ketua Umum SWI hingga 2026. Kontituen SWI akan melakukan Rapimnas tahun 2025 di Banjarmasin. Dan melakukan Rakernas pemilihan pengurus baru tahun 2026 di Kota Palembang. (PR)