Cigombong, Pakuan pos – Proses pelaksanaan Pilkades di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat sudah memasuki tahap penyerahan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada para calon untuk di verifikasi dengan jeda waktu selama lima hari.

Hal itu dikatakan Hayadi Uryani, Ketua Panitia Pilkades Ciburayut saat dijumpai Djava Media Group di sekretariat panitia, Senin (16/11/2020), sore. Menurut Hayadi jumlah DPS Ciburayut 9455.

“Jumlah itu sebelum diverifikasi oleh para calon. Setelah diverifikas kemungkinan besar dapat berubah. Kami beri kesempatan kepada para calon untuk melakukan verifikasi selam lima hari ke depan”, katanya.

Setelah DPS yang sudah diverifikasi para calon diserahkan, lanjut Uryadi, selanjutnya panitia akan melakukan krosscek ulang dan setelah fix maka panitia selanjutnya akan menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Setelah DPT ditetapkan sesuai jadwal pada tanggal 4 desember sampai 6 desember kami akan menetapkan waktu pemungutan suara dan penghitungan suara, selanjutnya tanggal 11 desember sampai 13 desember rencananya kami akan melaksanakan pengundian nomor urut calon kepala desa dan musyawarah teknis pelaksanaan kampanye”, jelasnya.

Menutup obrolanya, Hayadi menambahkan jika tidak ada perubahan setelah masa tenang selama tiga hari yakni pada tanggal 17 sampai 19 desember, maka tahapan pemungutan suara dan penghitungan suara akan dilaksanakan pada 20 Desember 2020.

“Untuk penetapan dan pelaporan panitia pemilihan tingkat desa paling lama itu tujuh hari mulai tanggal 21 sampai dengan 27 desember”, pungkasnya. (R. Bhenz)