Kembali, Majlis Pesho Adakan Wisata Religi

0
466

Bandung, News Warta Publik Majlis Pecinta Sholawat (Pesho), yang beralamat di Komplek Giri Harja Endah Kelurahan Jelekong Kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Pada Sabtu, (27/10/2018) malam sekitar pukul 23.00 WIB berangkat berserta rombongan mengadakan wisata religi ke makam waliyullah penyebar agama Islam, lokasi ziarah yang dituju kali ini ke panjalu dan Garut.

Kegiatan yang berlangsung seharian penuh tersebut, berangkat pada Sabtu malam dengan menggunakan Bus dan mobil pribadi, para jamaah terdiri dari ibu-ibu dan bapak-bapak. Sebelum berangkat, rombongan diberikan arahan dan tausiah singkat oleh KH Dede Akbar Suryana selaku pengurus Pesho.

“Ini bagian dari makna taqorub ilallah, yaitu mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan ziarah kubur, agar selalu ingat akan kematian, dengan mengingat kematian diharapkan perjalanan hidup kita semakin terarah. Kepada akhirat sebagai tujuan akhirnya, sehingga semakin bersemangat dalam beramal,” kata KH Dede Akbar disela kegiatan.

Sejak berdiri jamaah “Pesho” makin terus bertambah hingga ke berbagai pelosok daerah bahkan ke kampung pedalaman sekalipun, makin hari makin tajam dan terus menyebarkan ‘virus’ Sholawat. Selain itu, silaturahmi yang terus terjalin dan terjaga dengan para jamaah disekitar komplek Giri Harja Endah sehingga makin terlihat kompak diantara jamaah yang satu dengan yang lainnya.

“Pesho, selain singkatan dari Pecinta Sholawat, secara harfiah memiliki arti senjata tajam atau pesho dalam bahasa sunda. Adapun filosofinya pesho jika berada di tangan orang yang baik Insyaallah sangat berguna,” terangnya.

Sementara itu, meskipun tidak bisa ikut dalam kegiatan. Sekretaris Pesho, Ustad Hendri Chandra yang akrab dipanggil kang ‘Ndik menambahkan, kegiatan “pesho” lainnya yaitu pengajian setiap Minggu yang rutin digelar tidak hanya di satu tempat (masjid), tapi bergiliran dirumah para jamaah.

“Para jemaah disini melakukan kegiatan masih seperti biasa, diantaranya pengajian rutin terus dijalankan dan ziarah,” ujarnya.

Sejak berdiri hingga saat ini jamaah makin terus bertambah, bukan hanya dari lingkungan komplek tapi juga ada yang dari luar daerah. Bogor, Garut, Jakarta, Sukabumi dan wilayah lainnya.

Dalam kiriman foto yang diterima di WhatsApp grup resmi majlis, para jamaah menyempatkan untuk foto bersama. Satu bentuk silaturahmi dan kebersamaan yang melekat diantara para jama’ah.

“Rencana ke dua titik, situ panjalu dan haruman Garut,” pungkas Yudi. [ Red ]

 

Reporter by Andy Djava
News Warta Publik