Yogyakarta, Pakuan pos – Perkasa Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Judo Kartika Cup XII tahun 2019 kini digelar di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Kejurnas tersebut dimulai pada tanggal 26 – 28 Juli 2019 dengan peserta Kejurnas berasal dari 28 Provinsi, serta atlet-atlet TNI AD yang tergabung dalam Pengurus Daerah (Pengda) juga turun ikut Kejurnas Judo tersebut.

Peserta Kejurnas dibagi beberapa kategori, yaitu kategori Cadet umur sampai dengan 18 tahun, dengan peserta 131 orang, kategori Junior 19 – 21 tahun dengan peserta 184 orang, serta kategori Senior 21 tahun keatas dengan peserta 263 orang.

Masing-masing kategori mempertandingkan delapan kelas dan juga dipertandingkan Nageno-Kata untuk putra dan Yuno-Kata untuk Putri, dengan peserta Kata 24 atlet.

Kapenrem 072/Pamungkas Mayor (Arm) Mespan Haryadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa selain prestasi, Kejurnas juga merupakan ajang menggali pengalaman bertanding.

“Salah satu manfaat kejuaraan ini bukan semata-mata kejuaraannya, tetapi pengalamannya, bagaimana cara berlatih, bagaimana bertanding. Itu yang membuat kita akan berkembang,” ujar Mespan Haryadi.