Pakuan Pos – Keindahan panorama Tatar Sunda membuatnya mendapat julukan Parahyangan atau Priangan, yang berarti tempat para dewa. Keindahan alam Priangan tersusun dari pegunungan dan lembah yang menciptakan kontras tinggi-rendah, aneka warna alam berupa gradasi warna dedaunan dan pepohonan, membentuk hutan yang menyelimuti gunung, ditambah dengan sungai yang mengalir dari gunung ke lembah dan di atasnya matahari tropis menyinari setiap hari sepanjang tahun sehingga semua terang benderang.

Waas adalah pengalaman estetik manusia Sunda yang paling sublim. Waas tidak semata melibatkan indera di dalam merespon unsur intrinsik keindahan pemandangan alam atau suatu objek seni ciptaan manusia akan tetapi pengalaman indrawi itu kemudian menembus alam bawah sadar dan memberi pengaruh yang mendalam.

Pemandangan alam Parahyangan tidak pernah hanya melahirkan kekaguman, suka cita dan gembira, tetapi sekaligus membangkitkan rasa haru, galau, pilu, getir, melankolik, dan sebagainya yang seluruhnya terjadi bersamaan alias campur-aduk di dalam batin. (Red)