Bogor, Pakuan pos – ikatan wartawan online (IWO) menggelar acara penyerahan piagam kepada para pemenang lomba video, foto dan puisi tahun 2020 yang mengusung tema ‘bangkitkan semangat cinta tanah air’ di zest hotel Bogor jalan Pajajaran No.27 kota Bogor Jawa barat. Jum’at, (4/9/2020).

Pada kesempatan itu, ketua umum IWO Jodi yudono mengapresiasi perhelatan ke 2 yang diselenggarakan IWO Bogor raya. Jodi mengatakan agar kawan-kawan IWO lebih meluaskan pandangan dimasa mendatang.

“Saya minta kawan-kawan IWO di seluruh Indonesia agar luaskan pandangan dan pikirannya untuk melihat media apa lagi yang akan datang. Jangan sampai mereka yang tidak pernah berkecimpung di dunia jurnalistik justru mengeruk keuntungan di platform media yang harusnya wartawan berada,” katanya.

Sementara itu, budayawan dan penyanyi balada Ully Sigar Rusady menuturkan di era pandemi covid-19 ini agar bersatu bersama-sama menuntaskan masalah bangsa ini sekarang dan kedepan, dan meminta media jangan lengah menjaga peradaban budaya.

“Sekarang sedang terjadi suatu fenomena yang diam-diam menghancurkan tanpa kita sadari. Saya menyebutnya HKP. H adalah hancurkan, K adalah kaburkan, P adalah putuskan. Saat ini sedang terjadi penghancuran bukti-bukti sejarah, pengkaburan silsilah sejarah yang berbelok. Sedang terjadi pemutusan silaturahmi di antara kita semua. IWO berjasa menyambung silaturahmi kita hari ini,” tutur bunda Ully panggilan akrabnya.

Acara yang dihelat IWO Bogor ini, juri dari kepala penerangan KOREM 061/Suryakancana, dosen sastra unpak Wildan Mubarak, M.Pd dan kameraman senior TVRI Bogor. Untuk lomba foto, dimenangkan oleh Ni ayu kompiang Arini dari Bali, Puisi dan foto, Irwansyah Maulana, dari 18 peserta yang masuk dalam nominasi.

Ketua IWO Bogor raya, Didin mengungkapkan lomba tersebut diadakan untuk kedua kalinya di Bogor. Ini tahun kedua adanya lomba, dimasa pandemi ini memang demikian terbatas namun tak menyurutkan kami menampung karya.

“Buktinya karya ditahun ini lebih kreatif dan berfariasi, sesuai tema bangkitkan semangat cinta tanah air,” ujar Didin atau yang akrab disapa Brodin.

Pelaksana kegiatan, Wawah, menilai walau berkurang minat karena pandemi dengan tidak adanya lomba di lingkungan, namun karya mereka yang ikut lebih baik dari sebelumnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota penerangan KOREM 061/SK, pengurus PP IWO, AJI, ketua IWO Kabupaten Bekasi, ketua markas pejuang Bogor, dan undangan lainnya. (*)