Bogor, Pakuan pos – Kasus pemotongan dana bansos BLT DD kembali terungkap. Kasus ini terjadi di wilayah RT 5 RW 4, Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, jang dilakukan oknum ketua RT yang kini tengah menjalani proses hukum dan diberhentikan dari jabatanya.

Saat dikonfirmasi terkait hal itu, Warisman, Sekretaris Desa Ciburayut membenarkan info tersebut. Menurutnya, kasus itu sedang ditangani oleh aparat hukum. Sekdes sangat menyayangkan atas apa yang diperbuat oleh mantan oknum ketua RT. karena selama ini pihak desa sudah wanti wanti dan mengingatkan jangan sampai terjadi adanya potongan, pungutan, bahkan pengalihan yang berdasarkan inisiatif pribadi yang melanggar aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kejadian itu sangat memalukan kami. padahal kurang gimana kami selama Ini memberikan arahan dan berbagai wejangan terkait mekanisme penyaluran bantuan. kalau sudah begini ya tanggung saja resikonya. sementara kami akan berupaya mencari silusi yang terbaiknya”, ujar Warisman. Senin, (27/7/2020).

Hal senada dikatakan Ketua RW 4, Haji Madha. Dia mengaku sudah berulang – ulang menegaskan kepada ketua RT agar dalam menyalurkan bantuan tidak melakukan pemotongan Dengan dalih apapun. Namun pada kenyataan dilapangan masih saja ada oknum Ketua RT yang membandel.

“Sudah beberapa kali saya tegaskan kepada semua RT supaya jangan memotong bantuan blt dd. tapi tetap ada ada oknum yang melakukan pemotongan sampai 300 ribu per penerima bantuan. Makanya pusing saya”, bebernya.

Menurut Madha, permasalahan tersebut mencuat setelah ada salah satu warga penerima manfaat melapor ke pihak terkait di pusat. Hingga akhirnya disikapi serius oleh pemerintah desa, Bhabinkamtibmas, kepala desa, dan babinsa. “Masalah itu Sudah diselesaikan oleh bu kades, babinsa dan Bhabinkamtibmas di kantor desa”, tandasnya. Berdasarkan informasi dari warga.

Sebagai tambahan informasi, selain pemotongan dana bantuan, bantuan beras di Desa Ciburayut pun dipotong. Yang seharusnya KPN menerima beras sebanyak 30 kilo gram, malah hanya menerima 3 liter saja. (R. Benz)