Bogor, Pakuan Pos – Mengacu pada Perbup Nomor 38 tahun 2018 dan Permendagri Nomor 26 tahun 2020 mengganti Permendagri Nomor 84 Tahun 2014, tentang penyelenggaraan kelinmasan, Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) Kabupaten Bogor melalui Staf Data Kelinmasanya tengah melakukan verifikasi data anggota linmas terbaru.

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mendukung pencapaian target Kasat Pol PP Kabupaten Bogor Agus Ridho yang mewacanakan pada tahun 2020 mendatang jumlah anggota linmas yang memiliki SK Bupati Bogor melalui Kasat Pol PP sebanyak 10.000 personel.

Saat dijumpai di kantor Desa Cimande Hilir, Kecamatan Caringin, disela tugasnya, Rudy Sumantri, Staf Data Bidang Kelinmasan Wilayah Selatan Kabupaten Bogor, menyebutkan, saat ini jumlah anggota linmas yang sudah di SK kan oleh Bupati melalui Kasat Pol PP Kabupaten Bogor sebanyak 4500 personel. Keanggota linmas itu berdasarkan ketetapan kepala desa serta surat usulan dari camat.

“Jadi legalitas anggota linmas itu sangat jelas. Payung hukumnya dari Permendagri, perbub, SK kepala desa sampai dari camat. Makanya pendataan yang kami lakukan ini sekaligus untuk lebih mengoptimalkan fungsi linmas, karena sekali lagi saya katakan bahwa linmas itu memiliki fungsi yang sangat penting”, ujar Rudy, Selasa (25/05/2021).

Rudy menambahkan, ke depan linmas akan diberi pelatihan sesuai dengan tupoksinya. Diantaranya, pelatihan terkait penaggulangan bencana, bela diri, serta wawasan kebangsaan, untuk menambah wawasannya demi meningkatkan sumber daya manusianya.

“Intinya, Kasat Pol PP ingin mengangkat kembali derajat para anggota linmas dan akan memperjuangkan kesejahteraanya. Karena jasa anggota linmas itu diakui ataupun tidak selama ini sangat besar bagi masyarakat”, tandasnya. (Raden)