Riau, Pakuan pos – Kapolres Kuantan Singingi (Kuansing) AKBP Henky Poerwanto S.IK MM diwakili Kapolsek Kuantan Hilir AKP Tapip Usman SH, bersama Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion S Sos, melakukan kegiatan panen jagung perdana di Desa Pelukahan Kecamatan setempat, Selasa 15 September 2020.

Kegiatan panen jagung ini merupakan pilot project dari Polri dengan sebutan ‘gerakan jaga kampung’ yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan produktifitas pangan di Desa tersebut ditengah pandemi Covid’19.

“Kami melaksanakan kegiatan panen jagung perdana bersama Camat Kuantan Hilir Seberang dan kelompok tani Karya Bersama Desa Pelukahan Kecamatan Kuantan Hilir Seberang,” ujar Kapolsek.

Dikatakan Tapip, adapun jumlah luas lahan yang di panen yakni seluas 3 Hektar dan nanti hasil panennya di pasarkan dipasar tradisional yg ada di Kecamatan Kuantan Hilir.

Selain jagung, tambah Kapolsek Tapip, ada juga tanaman lain berupa tanaman pangan yang ditanam oleh kelompok tani, seperti mentimun dan kacang hijau serta kacang tanah.

“Program ini dibuat agar masyarakat dapat meningkatkan produktifitas pangan dan meningkatkan perekonomian.

Dan juga merupakan program Bapak Kapolri untuk dilaksanakan diseluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia,” kata Kapolsek Tapip.

Dikatakan, program tersebut terlaksana berkat kerja sama kelompok tani karya bersama, perangkat desa dan Polri, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi virus Covid-19.

“Untuk kedepannya pihak pemerintah kecamatan merencanakan akan membantu melalui anggaran yang ada, guna meningkatkan produktifitas tanaman dan penghasilan masyarakat,” pungkas Tapip. (Anhar rosal)