Cijeruk, Pakuan pos – Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bogor, Asep Mulyana Sudrajat meresmikan gerai forum Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Peresmian gerai UMKM yang dilaksanakan di halaman kantor kecamatan Cijeruk dengan dihadiri oleh Kapolsek Cijeruk, Danramil 2123 Cijeruk – Cigombong, Ketua UMKM Kabupaten Bogor, Ketua UMKM Kecamatan Cijeruk, para Kepala Desa dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Menurut Asep, diresmikannya gerai UMKM Kecamatan Cijeruk itu merupakan salah satu program yang muncul sebagai inovasi kreatifitas dari Camat Cijeruk Hadijana. Dimana, bertujuan untuk membantu serta mendukung para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Jadi ini adalah bentuk inovasi dari beliau yang ingin menumbuh kembangkan hasil produk UMKM yang ada di wilayah Cijeruk. Apalagi kan, Ibu Bupati juga mempunyai program untuk memasarkan produk – produk UMKM di Kabupaten Bogor. Sehingga, ibarat gayung bersambut apa yang dilakukan Camat Cijeruk dengan inovasi atau mempasilitasi tempat bagi para UMKM patut diapresiasi,” katanya kepada wartawan. Rabu (2/9/2020).

Selain tempat, lanjut Asep, Pemerintah Kecamatan Cijeruk juga memberikan fasilitas lainnya yakni berupa jaringan internat wifi gratis. Disamping adanya taman yang bisa mendukung UMKM lebih semangat berekpresi dalam bekerja serta lebih menghasilkan produknya.

“Kondisi yang nyata seperti ini harus kita dorong agar pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM lebih baik lagi. Terlebih, beliau akan mendorong Bumdes supaya memberikan penyertaan modal untuk pelaku UMKM,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat ini bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM sendiri lebih ke umum. Dimana, ada empat lembaga yang boleh mengajukan permohonan bantuan diantaranya Dinas Koperasi, Koperasi, Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Perbankan.

“Untuk hal itu, kebetulan kita sendiri masih menginput data untuk usulan tersebut. Tapi bagaimanapun juga, kita berharap semoga pelaku UMKM ini tetap semangat serta rajin lagi memproduksi makanan hasil produknya yang bisa dipasarkan ditengah – tengah masa pandemi Covid-19 ini,” terang Asep.

Sementara, Camat Cijeruk Hadijana menyatakan dengan telah diluncurkan dan diresmikannya gerai UMKM Cijeruk ini diharapkan dapat membantu pengembangan UMKM yang ada diwilayah Kecamatan Cijeruk.

“Intinya kita membantu dalam pengembangan UMKM di Cijeruk. Apalagi ada dukungan ekpresi program pak Kadis ditengah pandemi Covid-19, insya Allah UMKM ini dapat berkibar kembali,” tegasnya.

Ia pun mengklaim, dari 300 UMKM di Cijeruk dipastikan berpotensi untuk dikembangkan. Sehingga, perlu terjalin koordinasi dengan pemerintah desa masing – masing demi mengembangkan usaha para pelaku UMKM.

“Nanti, kita dorong juga melalui Bumdes nya agar bisa menyiapkan penyertaan modal Bumdes, artinya dapat memberikan pinjaman modal kepada UMKM. Dengan begitu, ditengah situasi pandemi ini mereka bisa tetap bekerja. Setidaknya untuk kebutuhan pengembangan usaha mereka kedepannya,” ujar Hadijana.

Rencananya, kedepan Hadijana bakal tetap terus membuka gerai UMKM dihalaman kantor kecamatan tersebut. Termasuk, siap menggelar even – even dengan menyesuaikan pada protokol kesehatan. Misalnya, melalui kegiatan olah raga senam dihari minggu yang dibatasi. Kemudian menyelenggarakan even di wilayah setiap desa, dimana kendaraan gerai ini wajib hadir. (R. Benz)