Cigombong, Pakuan Pos – Dalam waktu dekat, mobilisasi kendaraan di jalur Sukamanah yang menghubungkan antara Desa Tugujaya dengan Desa Cigombong, Kecamatan Cigombong, Bogor, Jawa Barat, akan lebih lancar. Setelah pemerintah Desa Tugujaya dibawah pimpinan kades Muhamad Rifqy Abdilah (MR.A) menuntaskan pembangunan jalan dan rehabilitasi pada titik longsor di jalur itu.

Kades Tugujaya MR.A mengatakan, betonisasi jalan dan rehabilitasi titik longsor di wilayah RW 10, Kampung Sukamanah itu menggunakan dana desa tahap I tahun 2021.

“Pembangunan mengggunakan dana desa. Jalan yang kami bangun sepanjang 290 meter x lebar 2,5 meter dengan ketebalan 10 CM. Jalan ini jalan hidup, karena penggunanya bukan hanya warga RW 10. Jalan ini jalan alternatif ke pusat pembelanjaan pasar Cigombong dan ke kecamatan. Sebelum diperbaiki jalan ini sudah rusak dan tidak bisa dilewati oleh roda 4 dikarenakan longsor, sekarang sudah diperbaiki dan Alhamdulillah sebentar lagi bisa dilewati oleh roda 2 dan 4, menunggu bangunan kering dulu sekitar 1 mingguan baru dibuka untuk bisa dilewati. Pembangunan terakhir dilaksanakan kemarin. Sekarang sudah 100 persen”, papar Rifqy, senin (05/07/2021).

Pelaksanaan pembangunan, masih kata MR.A, melibatkan swadaya dari semua lapisan masyarakat. Mulai dari Bpd, Lpm, RT, RW dan warga sekitar. “Dibawah pimpinan Tpk, kami libatkan semua unsur masyarakat untuk berswadaya”, tandasnya.

Sementara itu, di masa pemberlakuan PPKM Darurat Covid – 19 ini, pemerintah Desa Tugujaya terus gencar melakuan sosialisasi kepada masyarakatnya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, membagikan masker, operasi masker, melakukan penyemprotan, serta patroli gabungan kewilayahan. (Raden)