Bogor, Pakuan pos – Masa Pandemi Covid – 19 tidak menjadi hambatan bagi pemerintah Desa Srogol, cigombong Kabupaten Bogor untuk terus menata SDM dan lingkungan kerjanya. Menurut Kades Srogol Asep Irwan Kuswara, tempat kerja yang representatif dan kekompakan perangkat desa akan mendongkrak semangat kerja para perangkat dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Ditemui di ruang kerjanya, jum’at (04/07/2020), kades Srogol yang akrab disapa Ucha itu mengatakan, salah satu pekerjaan yang menjadi prioritas dalam mengawali jabatan politiknya sebagai pelayan masyarakat di Desa Srogol, yakni melakukan pembenahan sarana dan prasarana kantor desa, yang sebelumnya serba terbatas.

Meski perlahan, kata dia, tahap demi tahap pembenahan di kantor desa sebagai pusat pelayanan bagi masyarakat kini mulai terlihat. Nuansa berbeda di semua sisi area kantor pemerintahan Srogol itu tampak semakin nyaman dipandang.

“Alhamduillah, berkat dukungan, kerjasama dan peran serta perangkat kami yang pro aktif dalam menggali potensi wilayah, sedikit demi sedikit, pembenahan kantor sukses kami lakukan, meskipun masih jauh dari kata sempurna, ya sesuai dengan kemampuan kami saja”, tuturnya.

Saat disinggung soal upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi aparaturnya, Ucha menjelaskan, pihaknya secara rutin meĺakukan evaluasi bersama serta pembinaan tingkat internal.

“Selain mengikuti pembinaan yang dilakukan pihak kecamatan, kami juga rutin menggelar pertemuan melalui forum diskusi terbuka dan evaluasi secara internal. Selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kemampuan perangkat dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, juga untuk menciptakan sinergitas antar perangkat agar lebih kompak lagi. Di forum itu kami memberikan kebebasan kepada perangkat untuk memberikan berbagai masukan, bahkan kritikan terhadap kinerja atau sikap saya. Pokoknya forum terbuka yang serius tapi santai”, tandasnya. (Benz)