Cigombong, Pakuan pos – Sebagai seorang Kepala Desa yang memiliki latar belakang seorang tenaga pengajar, tidak salah jika Kepala Desa Ciburuy Suherman memiliki program khusus pendidikan bagi, dari dan oleh warganya.

Menurut Suherman, program itu bernama bimbingan belajar (bimbel) bagi para pelajar khususnya warga Ciburuy, yang dibimbing langsung juga olehnya serta para tenaga pengajar yang berdomisili di wilayah Desa Ciburuy, dengan tujuan untuk mengoptimalkan waktu para pelajar usai mengikuti kegiatan belajar formal di sekolah.

Suherman menjelaskan, sebelum pandemi, program itu sudah sempat berjalan yang diikuti oleh para pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah, yang jumlahnya telah mencapai 200 orang lebih. Namun selama made pandemi program itu terpaksa di hentikan sementara, dan batu – hari ini rencananya akan dimulai kembali.

“Sementara yang telah berjalan baru bimbingan belajar bagi anak sd dan smp yang jadwalnya kami mulai siang hari, pada hari Senin sampai kamis sepulang mereka sekolah. Bimbingan kami laksanakan di aula atas kantor desa, dengan tenaga pengajarnya para guru warga ciburuy yang dikoordinatori saudara asep mulyadi. Saya juga turut mengajar, khusus bidang studi matematika”, jelas Suherman.

Rencana kedepan, lanjut Suherman, pihaknya berwacana akan membuka program kuliah kelas jauh jenjang S1 yang prioritas utamanya diperuntukan bagi para staf desanya yang basic pendidikanya baru mencapai sekolah menengah umum.

“Semoga cita – cita saya untuk menjadikan desa ciburuy sebagai desa pendidikan dapat terwujud. Karena program pendidikan juga sebagai salah satu implementasi kami terhadap program pancakarsa bupati yakni bogor cerdas”, pungkasnya. (R Benz)