Jokowi Buka Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-Asia ke-V 2018

0
497

Jatim, News Warta Publik – Presiden RI Joko Widodo hadiri dan memdibuka secara langsung Festival Keraton dan Masyarakat Adat se-Asia Tenggara (FKMA) ke V tahun 2018 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (28/10/2018), di depan Taman Adipura setempat.

Di depan para raja-raja, Presiden Jokowi mengajak anggota FKMA dan masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Apalagi pada hari ini pembukaan FKMA itu, bersamaan dengan momentum Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober.

“Dihari yang bersejarah ini, saya mengajak bagi kita semuanya untuk menjaga, terus merawat, terus memelihara, rasa persatuan kita, rasa persaudaraan kita, dan kerukunan diantara kita. Karena aset terbesar bangsa ini adalah persatuan, kerukunan, dan persaudaraan,” katanya, Minggu (28/10/2018).

Jokowi mencontohkan, terlihat jelas perbedaan antara anggota FKMA yang satu dengan yang lainnya. Mulai dari adat istiadat, suku, agama, bahasa, dan juga tradisi. Perbedaan itu menurut Jokowi merupakan anugerah tersebesar yang diberikan oleh Allah kepada Bangsa Indonesia.

“Apabila bersatu, apabila kita rukun, ini akan menjadi sebuah potensi dan kekuatan. Karena jangan sampai nanti Indonesia maju dengan teknologi tapi mundur dalam kepercayaan, mundur dalam peradaban,” terangnya.

Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Indonesia ini menekankan, agar kemajuan Bangsa Indonesia berakar kuat pada kearifan lokal. Untuk itu, persatuan dan kesatuan harus selalu dijaga. [ Red ]

News Warta Publik.