Cijeruk, Pakuan pos – Untuk memberikan tambahan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat tentang bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) serta mekanisme dalam pelaksanaan programnya, pemerintah Desa Cibalung, Kecamatan Cijeruk mengelar acara sosialisasi dan penjabaran tentang teknis dan mekanisme penyaluran bantuan RTLH.

Hal itu dijelaskan Sekretaris Desa Cibalung Saeful, disela kegiatan yang dilangsungkan di aula kantor desa Cibalung, Kamis (06/08). Dihadapan para ketua RT, RW, Bpd, Lpm serta warga penerima bantua Sekdes berharap pengetahuan masyarakat yang siserap dalam pertemuan itu akan bermanfaat dan menjadi dasar dalam pelaksanaan program bantuan reguler tahunan pemerintah daerah itu.

“Tujuan program bantuan ini untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah agar memiliki rumah yang layak huni serta meningkatkan kualitas kesejahteraan hidup masyarakat sengan peningkatan ekonomi bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah,” jelasnya.

Hal lain yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan rehabilitasi rumah tidak layak huni, sambung Sekdes, yakni kondisi rumah tersebut harus dilihat dari sisi kerusakannya. “Kriteria RTLH diantaranya atap lantai dan dinding yang sudah tidak layak. Namu konsiai itupun akan ditinjau ulang, sejauh mana kerusakannya sehingga dalam memberikan bantuan ini dipriportitaskan untk rehab perbaikan.

Menutup penjelasanya, sekdes menyebutkan, bahwa jumlah bantuan RTLH yang diterima Cibalung sebanyak 7 unit, dengan.jumlah bantuan masing – masing sebesar 15 juta rupiah dipotong pajak dan upah kerja, sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah. (R. Benz)