Jarkomdet Sering Bermasalah Pelayanan E-KTP Di Mubar Terhambat

0
357

Laworo,News Warta Publik– Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabuoaten Muna Barat (Mubar) Laode Nggunu,mengakui bahwa pelayanan pencetakan dan Pengaktifan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) sering terhambat karena Jaringan Komunikasi data (Jarkomdat) Daerah sering bermasalah.

“Yang bermasalah hanya jaringan Pengaktifan dan pencetakan KTP-El ,kalau yang lain masih bagus”,terangnya saat di temui di ruang kerjanya,jumat (21/9/2018)

Ia mengakui bahwa pelayanan pencetakan dan pengaktifan KTP-El beberapa hari ini tidak berjalan karena Jarkomdet bermasalah.

“Sudah 4 hari bermasalah,jam 8 tadi pagi baru bagus jaringan,makanya sekrang bnayak yang mengantri”,terangnya.

Langgunu mengatakan bahwa Jarkomdet Disdukcapil Mubar masih bergantung pada jaringan pusat,karena ketika Jarkomdat Mubar bermasalah selalu di pandu oleh Dirjenduk Capil.

“Jadi setiap aktifitas yang menyangkut dengan Perekaman,Pencetakan,dan pengaktifan selalu di pantau.Kalau bermasalah Jarkomdet kita langsung di telpon.biasanya juga kita langsung di pandu untuk memperbaiki jaringan”,tuturnya.

Melihat kondisi tersebut Disdukcapil Mubar telah melakukan langkah-langkah dengan memanfaatkan hari libur untuk menyelesaikan pekerjaan.
Namun Kata dia langkah tersebut juga di gunakan ketika Jarkomdet bagus.

“Biasa kita kmmanfaatkan hari sabtu-minggu dan tanggal merah kalau Jarkomdet bagus”, singkatnya.

Lebih lanjut Laode nggunu juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan dan mengantisipasi jaringan yang bermasalah Pemda Mubar melalui Dinas Kominfo akan membuat satu titik tower jaringan yang bisa menampung 40 unit komputer.

“Insya allah tahun 2019 bis aterealisasi”,pungkasnya.[ Red ]

 

Kontributor by Laode Pialo
News Warta Publik