Sukabumi, Pakuan Pos – Kepala Kejaksaan Negeri Cibadak Kabupaten Sukabumi, Bambang Yunianto S.H. menggagas program JAKSA BINA DESA sebagai program unggulan dalam ikhtiar pembinaan bidang hukum kepada masyarakat di desa yang secara geografis sulit dijangkau.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Seksi Intelijen, Aditia Sulaeman S.H salah satu narasumber kepada LPPL RCL 98. FM di Kantor Kejaksaan Negri Kabupaten Sukabumi, dirinya menyampaikan tujuan program Jaksa Bina Desa, diantaranya : mengenalkan kejaksaan ke masyarakat khususnya di pelosok, berperna aktif dalam upaya meningkatkan perekonomian di desa dengan menggali sumber potensi desa yang ada, membina dan meningkatan pengetahuan hukum, dan mendukung program Gerakan Desa Anti Korupsi dan terwujudnya zona bebas Korupsi.

“Program ini sudah kami laksanakan sejak tanun 2020 akhir. beberapa anggota yang ditunjuk Kepala Kejari sudah melaksanakan tugasnya ke beberapa Kecamatan dan desa di Kabupaten Sukabumi” Tambah Aditia Sulaeman.

Sejauh ini, lanjut Aditia, respon masyarakat sangat positif dan antusias, masyarakat mengapresiasi kedatangan para jaksa untuk mengenalkan dan memberi pengetahuan tentang hukum juga memgenalkan lembaga Kejaksaan secara langsung.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Ekonomi, keuangan dan pengamanan pembangunan strategis, Mulkan Balya SH. Menekankan bahwa program bina desa untuk mewujudkan wilayah zero korupsi dan selain masyarakat desa bisa mengerti dan mengenal hukum lebih luas

“Hal ini menjadi harapan Kejaksaan Negri Kabupaten Sukabumi atas program Jaksa Bina Desa, dengan sadar hukum, wilayah bebas korupsi, maka kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat akan meningkat” imbuhnya. Rabu, (21/4/2021).

Menurut Mulkan, biasanya masyarakat baru mengenal kejaksaan ketika tersandung masalah hukum, melalui program ini diharapkan pengetahuan masyarakat tentang hukum jadi meningkat dan dapat merasakan manfaatnya.

Liputan yang disiarkan secara langsung oleh RCL 98 FM ini mendapat sambutan dari masyarakat Sukabumi selaku pemirsa, salah satunya Chandra dari Cidahu

“Tahun sebelumnya pernah ada kegiatan Jaksa Saba desa, dimana para jaksa pernah datang ke kampung Cidahu melakukan pembinaan hukum, apakah program Jaksa Bina Desa juga seperti itu, saya meminta kejaksaan kembaki datang ke kampung saya untuk pembinaan” tanya Chandra

Pertanyaan ini direspon narasumber bahwa kejaksaan negeri Cibadak Sukabumi akan mengagendakan kegiatan pembinaan secara rutin

“Walau waktu kita tidak banyak untuk bisa langsung ke lapangan karena keterbatasan personil, tapi kita akan upayakan dalam waktu satu tahun kita akan mengunjungi desa minimal 2 kali” jelas narasumber. (*)

Press release