Sanggau, Pakuan Pos – Sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) yang memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjaga keutuhan wilayah di wilayah perbatasan RI-Malaysia, Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Pos Kotis Entikong melaksanakan Patroli Patok sektor kanan dan kiri PLBN Kec. Entikong Kab. Sanggau, Kalbar.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, S.I.P., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Sanggau, Kalbar, Minggu (13/6/2021).

“Salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sesuai amanah Undang-Undang adalah mengamankan wilayah perbatasan yang dalam pelaksanaannya berupa Patroli Patok.”

Kegiatan Patroli Patok Pos Kotis Entikong dilaksanakan oleh 7 orang anggota dipimpin Serda Toni. “Terdapat 40 patok yang menjadi tanggung jawab Pos Kotis Entikong Satgas Yonif Mekanis 643/Wns yang seluruhnya merupakan Patok Batas Type A,” ujar Dansatgas.

Dansatgas mengatakan, tujuan dilaksanakannya Patroli Patok yaitu untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak, karena hal ini berkaitan dengan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan keutuhan wilayah negara.

Dansatgas menambahkan saat melakukan patroli batas negara di sektor kanan dan kiri PLBN Entikong, prajurit Satgas harus menembus perbukitan dan hutan serta melewati jurang dan sungai sehingga dibutuhkan kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat untuk dapat menembus medan yang berat tersebut.

“Pelaksanaan kegiatan patroli patok oleh Prajurit Satgas dilaksanakan dengan keceriaan dan penuh semangat serta nilai juang yang tinggi dan juga selalu memperhatikan faktor keamanan,” Tambah Dansatgas.

(Pen Satgas 643/Wns)