Sukabumi, Pakuan Pos – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Sukabumi periode 2021-2026 resmi dilantik dan dikukuhkan di Pendopo, Selasa, 19 Juli 2022. Di mana, Hj. Elvi Andi menahkodai organisasi tersebut selama lima tahun ke depan.

Dalam kegiatan tersebut hadir Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri dan mengukuhkan para pengurus yang telah dilantik oleh Ketua Umum DPD IWAPI Jabar Hj. Mastura Ram Idjal.

Dalam sambutannya, H. Iyos mengajak IWAPI Kabupaten Sukabumi untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah. Terutama dalam memunculkan pengusaha-pengusaha wanita yang handal. Baik di tingkat daerah, provinsi, maupun nasional.

“IWAPI bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan dinas terkait dalam membuka peluang di Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, IWAPI pun bisa sekaligus membina perempuan pengusaha di Kabupaten Sukabumi. Apalagi, pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi banyak diisi perempuan.

“Mari kita dorong perempuan di Kabupaten Sukabumi untuk menjadi pengusaha handal. IWAPI bisa terlibat dalam pembinaannya juga,” ucapnya.

Maka dari itu, kehadiran IWAPI di Kabupaten Sukabumi sangat dibutuhkan. Terutama dalam membantu meningkatkan angka indek pembangunan masyarakat, khususnya di sektor ekonomi. “Ketika ekonomi tumbuh, kesejahteraan pun pasti meningkat,” ungkapnya.

Maka dari itu, pasca pelantikan ini IWAPI Kabupaten Sukabumi bisa lebih meningkatkan kinerja. Apalagi, ini merupakan periode kedua Hj. Elvi Andi dalam memimpin IWAPI Kabupaten Sukabumi.

“IWAPI di periode ke dua ini akan membina UMKM di kawasan geopark. Saya sangat berterima kasih dan bangga. Selamat dan sukses atas pelantikan hari ini,” bebernya.

Ketua Umum DPD IWAPI Jabar Hj. Masrura Ram Idjal mengatakan, ketua IWAPI Kabupaten Sukabumi ini sangat luar biasa. Bahkan, memiliki segudang prestasi di tingkat provinsi hingga nasional. “Pertahankan prestasi dalam memimpin IWAPI di Kabupaten Sukabumi,” terangnya.

Termasuk rencana kerja dalam meningkatkan ekonomi kreatif di kawasan geopark. Hal tersebut menurutnya sangat luar biasa.

“Kami sangat menyambut baik program di Sukabumi, khususnya dalam meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di geopark,” bebernya.

Ketua Umum IWAPI Kabupaten Sukabumi Hj. Elvi Andi mengatakan, akan mengembangkan organisasi supaya lebih matang dan mandiri di kepemimpinan periode kedua. Terutama dari sisi penguatan dan pemberdayaan wanita pengusaha.

“Salah satu program kami ialah pengembangan wanita usaha di geopark, khususnya UMKM. Kami berencana membuat produk unik di kawasan geopark,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta dukungan dari Pemkab Sukabumi. Terutama fasilitasi pemasaran produk.

“Kami mohon dukungan pemda demi terlaksananya tujuan kami dalam pemberdayaan wanita pengusaha,” pungkasnya. (PR)