Cijeruk, Pakuan Pos – Banyak hal bermanfaat dapat dilakukan dalam mengisi waktu luang di hari libur. Septi halnya yang dilakukan oleh Kepala Desa Cipelang Kiki Sukiwan bersama masyarakatnya yang melaksanakan kerja bhakti membersihkan area kantor desa, Minggu (28/03/2021).

Kegiatan yang diprakarsai oleh kepala desa itu dikonsentrasi di area kantor desa dan sekitarnya. Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar serta pengurus rt, rw serta perangkat desa dengan inisiatif sendiri.

“Kebetulan pada hari ini saya ada waktu luang. Dan kebetulan kami perhatikan area kantor desa dan sekitarnya agak kurang sedap dipandang mata. Makanya saya berinisiatif melakukan operasi bersih. Alhamdulillahnya, tanpa diajak, masyarakat sekitar dan pengurus wilayah serta perangkat desa ikut turun tangan membantu dalam kegiatan spontanitas ini”, ujar Kiki Sukiwan.

Sementara itu, Edi Kurniawan, selaku Sekdes Cipelang menambahkan, selain opsih yang dilaksanakan kepala desa di area kantor desa, saat itu juga warga pemuda – pemudi pecinta lingkungan Desa Cipelang yang tergabung dalam Komunitas Bambu Runcing tengah melaksanakan bersih – bersih di aliran sungai.

“Bersamaan dengan kegiatan kami di desa, komunitas bambu runcing juga sedang melakukan kegiatan bersih – bersih sungai parakali. Tujuanya agar kelestarian alam di wilayah kami tetap terjaga”, tandasnya.

Edi menambahkan, saat ini pemerintah Desa Cipelang sedang menggagas program bak sampah, sebagai salah satu upaya lain dalam pengendalian pembuangan sampah rumahan di tiap wilayah agar lebih tertata. (Raden)