Cijeruk, Pakuan pos – lemahnya perekonomian keluarga terkadang menjadi masalah yang serius apabila terus dibiarkan, banyak kendala yang harus dihadapi untuk meningkatkannya. Salah satu faktor adalah lapangan usaha yang minim, dan sempitnya lapangan pekerjaan.

Untuk menyiasati hal tersebut, Kelompok wanita tani Delima desa Cibalung, Cijeruk, kabupaten Bogor, Jawa barat berupaya membuka peluang usaha dengan mengolah susu kambing etawa, menjadi sumber penghasilan keluarga.

Salah satu Potensi desa yang bergerak dibidang peternakan kambing etawa, dimanfaatkan untuk sumber bahan baku pengolahan susu menjadi aneka macam kuliner.

“Ternak kambing etawa dimulai sejak tahun 2012 silam, dengan modal bantuan dari Dinas peternakan Kabupaten Bogor sampai sekarang kambing itu terus berkembang, dan ada yang menjadi milik kelompok dan pribadi,” ungkap Pengelola peternakan kambing etawa, Ajid Firdaos. Sabtu, (28/12/2019).

Dia juga mengatakan, untuk menjaga kesinambungan produksi maka sejak tahun 2017 silam, kelompok wanita tani Delima, mengolah susu menjadi yogurt dan produk sabun kecantikan. “Hasilnya cukup lumayan untuk menambah penghasilan keluarga,” kata dia.

Kepala desa Cibalung Rusyadi memaparkan, peternakan kambing etawa adalah salah satu potensi desa yang sudah tergali dan dimanfaatkan oleh warga untuk menjadi sumber penghasilan.

“Sejak dimulainya peternakan tersebut 2012 silam bisa menambah penghasilan masyarakat, dan mampu menggeliatkan usaha mikro kecil dan menengah,” bebernya. (Abdan)