Jakarta, Pakuan Pos – Mantan Menteri Penerangan Harmoko meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Minggu (4/7/2021) malam. Kabar tersebut disampaikan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo alias Bamsoet.

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Partai Golkar kehilangan kembali putra terbaiknya Bapak Harmoko bin Asmoprawiro yang berpulang pada hari Minggu 4 Juli jam 20:22 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Semoga husnul khotimah,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis, Minggu.

Bamsoet mengaku sudah lama mendengar kabar Harmoko sakit. Akan tetapi, Harmoko selalu berusaha hadir dalam acara besar Golkar dengan duduk di kursi roda. Pria yang pernah menjadi Ketua DPR itu menyatakan Harmoko merupakan politikus senior, guru serta panutan kader Golkar. Ia pernah menjabat sebagai Menteri Penerangan era Soeharto hingga Ketua MPR era Habibie.

Menurut Bamsoet, di masa Harmoko pula harga kebutuhan pokok terkendali karena diumumkan setiap waktu seperti cabe dan kebutuhan lain demi mencegah permainan harga oleh spekulan. “Jujur, kami semua merasa kehilangan,” kata dia.*