Pakuan pos – Selama ini kita hanya mengenal jantung pisang sebagai bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai bentuk. Namun, kita tidak tahu kalau ternyata, jantung pisang yang nikmat saat dibuat menjadi lodeh ini memberikan banyak manfaat untuk tubuh kalau dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Berikut manfaat dari jantung pisang untuk tubuh selengkapnya:

1. Melawan radikal bebas
Jantung pisang ternyata mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini bisa bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi jantung pisang dengan suplemen kesehatan lain bisa menurunkan risiko penuaan dini dan memerangi kanker dalam tubuh.

2. Menyembuhkan infeksi
Jantung pisang bisa mengobati infeksi pada tubuh karena mengandung etanol. Mengonsumsi jantung pisang bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan membuat infeksi semakin melebar. Jantung pisang juga bisa menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan malaria dalam tubuh.

3. Meningkatkan air susu ibu
Ibu yang baru saja melahirkan bisa mengonsumsi jantung pisang untuk meningkatkan produksi air susunya. Selain itu, jantung pisang yang dicampur dengan rempah juga bisa digunakan untuk mengaja kesehatan rahim dan mengetasi sembelit yang sering muncul pasca melahirkan.

4. Mengatasi Anemia
Mengonsumsi jantung pisang dalam bentuk apa pun akan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dampaknya, Anda tidak akan mudah lemas dan anemia bisa diatasi dengan cepat. Efek dari jantung pisang ini bisa diperbesar jika Anda mengonsumsi suplemen penambah darah.

5. Menormalkan perdarahan menstruasi
Menstruasi yang tidak normal bisa membuat wanita banyak mengeluarkan darah dari rahimnya. Untuk mengatasi perdarahan yang cukup masif, Anda disarankan untuk mengonsumsi jantung pisang dan yoghurt. Dua bahan ini akan membuat darah yang keluar jadi sedikit dan mengembalikan kebugaran tubuh pasca kehilangan banyak darah.

Kalau Anda memiliki masalah-masalah seperti yang disebutkan pada poin-poin di atas, mari coba memasak jantung pisang untuk hidangan.

Berbagai sumber