Sukabumi, Pakuan pos – Salah satu ikhtiar memutus rantai wabah virus Korona (covid-19) adalah dengan menekan tingkat mobilitas massa. Misalnya mencegah orang dari daerah zona merah covid-19 memasuki daerah lainnya.

Berhubung tidak memiliki kewenangan untuk melarang warganya pulang dari luar kota, pemerintah Desa (pemdes) Makasari, kecamatan Kalapanunggal kabupaten Sukabumi Jawa barat, mulai hari ini, Selasa (31/3/2020) membuka posko darurat covid-19. Lokasi posko tepat di kantor Desa Makasari.

Saat dihubungi melalui pesan WhatsApp, kepala desa Makasari Rina Nuraeni mengatakan kepada para pendatang dari luar kota, wajib memeriksakan diri ke posko desa Makasari.

“Hari ini kita mulai membuka posko 24 jam untuk melayani masyarakat,” kata Rina Nuraeni.

Pihak pemerintahan desa. Sambung Rina, mengerahkan semua staf desa termasuk dirinya secara bergiliran atau dirolling. “Petugasnya dari kepala Desa, dan semua staf,” ujarnya.

Tidak hanya itu, petugas juga memberikan vitamin kepada mereka yang datang ke posko. “Kita membuat jadwal penjagaan, mobil yang pulang dari pasar kita semprot,” pungkasnya. (Ela)