Cigombong, Pakuan Pos – 10 Muharam 1443 H yang jatuh pada Kamis (19/08/2021) lalu merupakan hari kebahagiaan bagi anak yatim. Seperti tahun sebelumnya, di tahun ini moment tersebut diisi oleh Pemerintah Desa Srogol, Kecamatan Cigombong, dengan kegiatan santunan anak yatim dan dhuafa.

Kegiatan sosial yang digelar di balai desa setempat itu dihadiri oleh kepala desa (Kades), perangkat desa, BPD, Lpm, serta masyarakat Desa Srogol, Jum’at (20/08/2021) siang.

“Sebagian masyarakat Indonesia menganggap bahwa 10 Muharam (Asyura, red) adalah Hari Anak Yatim. Istilah Idul Yatama atau Hari Raya Anak Yatim sebenarnya adalah ungkapan kegembiraan bagi anak yatim. Sehingga pada hari tersebut banyak orang yang memberikan perhatian dan santunan kepada mereka. Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. Terlebih pada hari Asyura atau tanggal 10 Muharram. Dimana pada tanggal tersebut, Beliau menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga pada keluarganya”, ujar Kades Srogol Asep Irwan Kuswara, di sela kegiatan.

Oleh sebab itu, lanjut Kades, masyarakat Desa Srogol setiap tahunnya selalu melaksanakan kegitan santunan anak yatim dan dhuafa di 10 muharam. Untuk tahun ini santunan nya berupa uang tunai dari Pemdes Srogol, serta masyarakat. Kades juga mengungkapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangsih dalam kegiatan sosial yang digelarnya.

“Terimakasih kepada semua pihak atas peran serta kepedulianya kepada sesama dalam kegiatan sosial Islam tahunan ini. Semoga jumlah penerima santunan di tahun mendatang dapat lebih banyak lagi”, pungkasnya. (Raden)