Bogor, Pakuan pos – Musibah kebakaran bisa terjadi kapan saja, tidak kenal waktu dan tempat.Tidak menutup kemungkinan, pada perayaan hari Idul fitri bakal terjadi jika segala sesuatunya tidak dipersiapkan secara matang. Banyak faktor yang bisa memicu terjadinya musibah tersebut, salah satunya human error atau faktor kelalaian manusia itu sendiri.

Untuk mengantisipasi musibah itu, petugas Pemadam kebakaran diwilayah UPT Ciawi siap bertugas, meskipun pada hari lebaran. Tidak hanya itu, sosialisasi terus digencarkan,agar bisa meminimalisir resiko yang akan terjadi.

“Bagi yang akan mudik, setidaknya memeriksa terlebih dahulu akan api, terlebih pada kompor, aliran listrik dan peralatan yang menggunakan listrik,” himbau kepala UPT Damkar Unit Ciawi, Nendri.

Selain itu, bagi yang tetap berada di rumah pada hari lebaran, agar senantiasa bisa mengendalikan perapian dan penyebab – penyebab kebakaran. “Biasanya kalau mau lebaran, penggunaan api kompor akan meningkat, karena banyak makanan yang diolah, tak jarang jika api tersebut dirasa kurang, maka warga akan menggunakan tungku kayu bakar, jadi harus tetap dikontrol, apalagi dipemukiman yang padat,” kata dia.

Saat ini, lanjutnya, seluruh personel Damkar Ciawi terus disiagakan, selain berjaga, mereka juga memantau keadaan sekitar.” Itulah resiko pekerjaan, disaat orang lain berlebaran, kami siap memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Masih kata Nendri, Bagi yang akan mudik lebaran, di rumah yang akan di tinggal lama, diwajibkan melepas regulator tabung gas dan matikan MCB listrik. “Itu penting karena jika tidak, akan memperbesar resiko terjadinya kebakaran,”Tutup dia. (Abdan)