Cigombong, Pakuan pos – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Cigombong, Senin (21/9) sore hingga malam kemarin memicu terjadinya banjir bandang dan longsor di beberapa titik wilayah Desa Pasir Jaya. Peristiwa ini sempat membuat panik warga khususnya yang berada di bantaran kali. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian masyarakat akibat bencana ditaksir mencapai milyaran rupiah.

Menurut saksi mata warga setempat, bencana terjadi sekitar pukul 16.00 wib saat hujan turun deras. Diawali suara gemuruh serta beberapa kali dentuman, banjir bandang disertai berbagai material.alam seperti bongkahan batu, batang pohon, tanah dan lumpur menghantam segala apapun yang berada di depanya.

“Setelah mengetahui terjadi bencana, saya langsung lari ke mesjid untuk mengingatkan agar warga waspada. Garasai villa hancur, satu motor kebawa hanyut, dua jembatan putus, sawah aiap panen, kebun dan beberapa bagian rumah warga hancur dihantam banjir pak”, tutur Ustad Diyat, warga setempat.

Sementara itu, sejak mendapat informasi adanya bencana, Pemerintah Desa Pasir Jaya dan Pemerintah Kecamatan Cigombong dipimpin oleh Camat Minarso langsung menuju lokasi bencana dan menyiagakan petugasnya untuk antisipasi bencana susulan.

“Kami siagakan anggota kami di beberapa titik rawan bencana sebagai antisipasi terjadinya bencana susulan”, ujar Wakanit Trantib Kecamatan Cigombong.

Selasa pagi, Camat Cigombong beserta jajaran turun lagi kelokasi untuk meninjau proses evakuasi dan kondisi terakhir.

“Saya himbau kepada masyarakat dalam menghadapi perubahan iklim yang saat ini memasuki muaim penghujan seperti ini agar lebih waspada dalam menghadapi hal hal yang tidak diinginkan. Silahkan terus berkoordinasi dengan aparat setempat. Saat ini kami sedang mendata dan menverifikasi data berapa banyak warga yang tedampak oleh bencana serta.berapa banyak nilai kerugian yang ditimbulkan”, Tandas Camat. (R. Benz)