Bangkinang Kota, News Warta Publik – Pemerintah Kabupaten Kampar bersama suluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kampar termasuk Unsur Forkopimda beserta jajaran Polres dan TNI Kampar peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Peringatan HPSN diawali dengan kegiatan apel bersama sekaligus pencanangan Kabupaten Kampar bersih dan gerakan aksi bersih sampah yang di pimpin dan dibuka langsung Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto di lapangan Merdeka Bangkinang Kota, senin (5/3).

Bupati Kampar dalam arahannya mengajak seluruh Jajaran termasuk masyarakat untuk dapat mengelola sampah agar bermanfaat bagi kehidupan disamping itu untuk menjadikan hidup bersih,sehat dan bernilai, karena sampah dapat diolah hingga memberi manfaat untuk kehidupan.

Dikatakan Catur, Pengelolaan sampah terutama untuk kawasan Kota Bangkinang dan sekitarnya harus terus kita lakukan dan mari kita tanamkan kesadaran terhadap peduli sampah dengan budaya 3R, ujarnya.

Melalui budaya 3R diantaranya yaitu pertama Reuse atau penggunaan kembali sampah, Reduce atau mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah dan Recycle atau mendaur ulang atau mengolah kembali sampah menjadi barang baru yang bermanfaat, hal ini sangat penting tentunya diawali dengan mereduksi sampah secara mandiri yang dimulai dari rumah tangga.

Kemudian ungkap Catur lagi, dengan peran aktif masyarakat yang mampu mereduksi dan mendaur ulang sampah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat maka volume sampah dapat menurun,katanya.

Selain itu Catur mengajak dan menghimbau dalam rangka gerań∑an Kampar bersih dan memperingati HPSN antara lain untuk kampanye gerakan bersih pengelolaan sampah pada saat dan setiap kegiatan car free day, senam, olahraga dan acara keramaian yang menimbulkan adanya potensi sampah.

Ditambahkannya lagi untuk mensosialisasikan dan eduksi pengelolaan sampah, gerakan aksi bersih sampah melalui budaya gotong royong dan mengurangi penggunaan kantong plastik, mengadakan sarana dan prasarana penunjang pengelolaan sampah kemudian pembentukan bank sampah baik untuk di Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan.

Selain acara inti HPSN juga digelar acara tambahan diantaranya penyerahan perangkat kerja gotong royong dari Bupati kepada kepala OPD, Camat dan Lurah yang kemudian ditentukan lokasi pelaksanaan gerakan aksi bersih dan penandatanganan baleho gerakan Kampar bersih dan aksi bersih sampah oleh Bupati bersama Forkopimda dan pimpinan OPD kemudian dilanjutkan peninjaun lokasi Bangkinang River side oleh Bupati bersama pimpinan OPD.

Irfan