Caringin, Pakuan Pos – Warga Kampung Nangoh, Desa Cimande Jaya, Kecamatan Caringin, Bogor Jawa Barat, sumringah. Pasalnya, pemerintah desa setempat membuka jalan baru di wilayah tersebut.

Sekdes Cimande Jaya Herlan Budiman, mewakili Kades Opik Sahrudin, saat dijumpai di sela kegiatan zoom meeting operator di aula kantor Desa Cimande Hilir, Selasa (29/06/2021) mejelaskan, pembangunan jalan baru di wilayah RT 04 RW 02, Kampung Nangoh itu didanai oleh program Samiliar Satu Desa (Samisade) Bupati Bogor tahun anggaran 2021, sebesar 1 milyar rupiah, dipotong pajak.

“Pekerjaan meliputi pengerasan jalan, penurapan, dan betonisasi. Dengan volume panjang 230 meter x lebar 3 meter x 0,25 meter. Saat ini kami tengah menyelesaikan tahap pengerasan dan penurapan pinggiran jalan”, papar Herlan.

Pada pengecoran nanti, masih kata Herlan, pelaksana kegiatan berencana akan menggunakan alat cor manual. Dengan pertimbangan akan dapat lebih banyak memberdayakan swadaya dari masyarakat, sebagai penerapan padat karya tunai.

“Dengan pengecoran manual akan dapat menyerap banyak tenaga kerja dari masyarakat. Kan supaya padat karyanya dapat berjalan. Tapi kami akan menyesuaikan dengan kondisi ke depanya nanti”, tandas Herlan. (Raden)