Bogor, Pakuan Pos- Bendera Organisasi Kepemudaan Generasi Muda Forum Komunikasi Putra Putri dan Purnawirawan TNI – Polri (OKP GM FKPPI) 10.04 Kabupaten Bogor, Rayon 15 Kecamatan Cigombong – Cijeruk (CGB – CJK) semakin berkibar.

Keberhasilan tersebut berkat hasil jerih payah Ketua GM FKPPI 10.04 Rayon 15, R. Bayu, yang selama hampir dua tahun terakhir secara konsisten terus berperan serta aktif mengikuti setiap kegiatan di berbagai daerah.

Salah satu konsistensi yang Bayu lakukan selama ini yakni dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memanfaatkan setiap potensi yang ditemui di berbagai wilayah. Walhasil, saat ini UMKM GM FKPPI Rayon 15 CGB – CJK telah memiliki berbagai produk. Diantaranya, berbagai jenis Kosetan anyaman berbahan kain limbah garmen, boneka berbahan limbah kain, kursi berbahan karet ban bekas, air minum kesehatan dan sejumlah produk kuliner.

“Pameran UMKM di Mall lippo Ekalokasari Kota Bogor ini merupakan event ke sekian kalinya yang diikuti GM FKPPI Rayon kami selama dua tahun terakhir. Alhamdulillah produk UMKM kami sudah semakin dikenal dimana-mana. Dan Insha Allah kami akan terus konsisten mengikuti setiap event pameran di manapun”, kata R. Bayu, saat ditemui di sela Pameran UMKM Kota Bogor yang diikutinya, Sabtu (11/12/2021).

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, berkah yang didapatnya dari setiap event pameran bukan hanya sebatas cuan rupiah. Namun, dia juga mendapatkan tambahan relasi yang memiliki produk-produk UMKM yang bisa diadopsinya menjadi tambahan produk untuk UMKM yang dikelolanya.

Bayu menambahkan, saat ini dia bersama salah satu relasinya tengah mempersiapkan pengembangan budidaya tanaman Sorgum. Tanaman tersebut merupakan salah satu bahan makanan pokok warisan leluhur yang nyaris terlupakan oleh generasi sekarang.

“Saat ini saya bersama relasi saya Ibu Yossy, akan mengembangkan budidaya dan berbagai olahan berbahan Sorgum. Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan yang kaya manfaat tak kalah dengan jagung, gandum dan kedelai. Sorgum merupakan makanan pokok penting di Asia Selatan dan Afrika sub-sahara. Mau lebih jelas lagi? Silahkan datang ke Sekretariat kami di Lido”, tandasnya. (Raden)