Pamijahan, Pakuan pos – Mengusung tema “Gerakan Menanam Bambu Untuk Pencegahan Bencana Tanah Longsor dan Banjir”, GM FKPPI 10.04 Kabupaten Bogor menggelar kegiatan kemah bhakti lingkungan hidup yang diselenggarakan selaman dua hari.

Kegiatan dilaksanakan tanggal 21 sampai dengan 22 Oktober 2020, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cigamea – Curug Pangeran, Kampung Pasir Reungit, Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang diprakarsai oleh GM FKPPI 10.04 Kabupaten Bogor dan Yapusham Indonesia itu melibatkan
Anggota GM FKPPI 10.04 Kab. Bogor, Anggota Yapusham Indonesia, Tripika Kecamatan dan tokoh masyarakat Pamijahan, Ormas di Kecamatan Pamijahan & Kecamatan Cibungbulang, Pengelola Hutan Lindung Halimun-Salak, serta masyarakat.

Hirjamiat. S/Roses, Ketua Pengurus Cabang 10.04 GM FKPPI Kabupaten Bogor didampingi sekretarisnya Arnold Leasa, menjelaskan, kegiatan itu adalah awal dari “Gerakan Menanam Pohon Bambu untuk Pelestarian Lingkungan dan Pencegahan Bencana Tanah Longsor dan Banjir, yang akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, terutama daerah rawan.

Dikatakanya, tujuan kegiatan meliputi pelestarian lingkungan hidup, reboisasi, memperkuat struktur tanah lereng gunung dan daerah aliran sungai serta bantaran sungai, meningkatkan ketersediaan oksigen dan penyerapan Air dalam tanah serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Jumlah Peserta 80 orang. Terdiri dari enam puluh lima orang laki – laki dan lima belas perempuan. Jenis tanaman yang di tanam yakni pohon bambu sebanyak 200 bibit dan 50 batang bibit pohon rasamala. Semoga gerakan ini bermanfaat bagi kelestarian lingkungan khususnya untuk masa depan wilayah Kabupaten Bogor. Terimakasih, salam solid kuat dan militan!”, tegas Hirhamiat. (R. Bhenz)