Ternate, Pakuan Pos – Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi virus corona (Covid-19) secara massal agar kekebalan komunal dapat tercapai dan juga menanggulangi lonjakan kasus yang sedang terjadi di Indonesia.

Upaya mendukung pemerintah percepatan Vaksinasi, Kejaksaan Tinggi ( Kejati ) Maluku Utara Rabu (14/7/2021) pagi hingga siang tadi melakukan vaksin massal gratis kepada seluruh warga Maluku Utara umumnya dan khususnya di Kota Ternate.

Vaksinasi massal Covid-19 digelar dalam rangka memperingati Hari Bakti Adyaksa (HBA) ke-61 tahun 2021 tersebut, dibuka langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati), Dr. Erryl Prima Putera Agoes yang dihadiri Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ternate, Nurbaiti Radjabessy serta seluruh Asisten maupun pegawai dilingkup Kejati Malut.

Kajati Malut, Erryl Prima Putera Agoes menyatakan, vaksinasi massal yang diikuti oleh ratusan warga tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 yang kian hari semakin meningkat.

“Ini program kita supaya bisa tekan penyebaran Covid disini,” kata Kajati Maluku Utara Erryl Prima Putra Agoes dalam kata sambutannya.

Erryl menuturkan sejumlah rumah sakit di Ibu Kota Jakarta saat ini sudah penuh dengan pasien Covid-19 dan bahkan Kota Ternate sudah berada pada zona merah penyebaran Covid-19.

“Di Ternate ini sudah masuk zona merah, makanya dengan vaksin ini Insya Allah bisa menekan laju penularan Cvovid-19,” tuturnya.

Program vaksin Covid-19 ini lanjut Erryl, merupakan program pemerintah yang disampaikan langsung Presiden Joko Widodo untuk ditindaklanjuti seluruh Kementerian Lembaga termasuk di lembaga Adyaksa.

Pada kesempatan ini, Kajati Malut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkot Ternate dan seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan Vaksinasi ini.

Sementara itu Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi setinggi-tingginya kepada Kejati Malut yang telah melakukan program vaksin massal untuk memutus rantai penularan Covid-19.

Apalagi lanjut Wali Kota, Kota Ternate saat ini berada pada posisi pertama di Malut yang mengkoleksi kasus terbanyak dan bahkan sudah berada pada zona merah.

“Ini langkah bagus yang dilakukan pak Kajati, dan saya selaku pemerintah Kota Ternate menyampaikan terimakasih telah melakukan langkah nayata untuk mengantisipasi penularan yang Covid-19 semakin tinggi di Kota Ternate,” pungkasnya.

Sementara Kasipenkum Kejati Malut, Richard Sinaga menambahkan, vaksin massal dalam rangka HBA Ke-16 tahun 2021 ini yang dibuka pada hari ini dan jika animo masyarakat masih banyak maka akan dilajutkan besok.

“Kalau belum abis hari ini dan masih ada besok maka akan kita buka lagi,” tuturnya.

Richard mengungkapkan selain vaksin massal, Kejati Malut juga telah melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dalam rangka HBA dengan melakukan pembagian sembako ke masyarakat yang terkena dampak Covid-19 di Kota Ternate.

“Rangkaiannya, kemarin sudah kita bagikan sembako, semoga bantuan dan niat baik ini bisa bermanfaat olah masyarakat di Kota Ternate terutama dalam situasi pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pelaksaan Vaksinasi dalam rangka memperingati HBA ke-61 Tahun dilaksanakan dengan mematuhi dan memenuhi protokol kesehatan secara ketat, antara lain dengan menerapkan protokol 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun dan/atau hand sanitizer. (Muzer/ Rls )