Kalapanunggal, Pakuan pos – Gerakan Indonesia bermakna ini kita singkat, geinber. Ini berisikan tujuh belas orang pendiri dengan latar belakang yang berbeda. Ada dari enterpreneur, psikolog, ada dokter, publik figur artis, dan tokoh-tokoh pemuda yang punya sedikit perhatian terhadap pemuda.

Demikian dikatakan oleh ketua gerakan Indonesia bermakna (Geinber), Rachmat putra di acara closing opening traning and coaching young generations the succes formula 6 in 1, di gedung serbaguna yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, penyelenggara umroh dan haji, jalan raya Palasari Wates nomor 35, RT 07/03 kalapanunggal, Sukabumi Jawa barat.

Acara tersebut dihadiri oleh muspika kecamatan kalapanunggal. Koramil, Polsek, tokoh agama setempat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, kepala desa, KNPI, peserta para pemuda-pemudi di kalapanunggal, serta tamu undangan lainnya.

Ketua Geinber, Rachmat putra sedikit menjelaskan sejarah singkat perjalanan dan berdirinya gerakan Indonesia bermakna (Geinber) yang didirikan bersama teman-temannya tersebut dihadapan semua yang hadir.

Bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2018 yang lalu kita bentuklah satu gerakan ini. Dengan teman-teman yang tujuh belas orang ini. “Kurang lebih sudah satu tahun ini, dan Alhamdulillah desa kalapanunggal ini menjadi desa pertama yang kita intervensi,” kata Rachmat putra. Jum’at, (20/12/2019) yang langsung disambut riuh tepuk tangan semua hadirin.

Ini menjadi kesempatan yang luar biasa. Sambungnya, yang telah diberikan dari pak Ahmad dan Bu Eti di yayasan ini, kita diberikan ruang lebih untuk mengeksplor kemampuan kita. “Teman-teman, Kita disini sama-sama belajar, dan sangat luar biasa sekali dengan teman-teman semua disini,” ujarnya.

Sementara itu, ketua yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, Hj. Eti Sumiati menyampaikan ucapan terima kasih kepada unsur muspika, Geinber dan tim, serta semua hadirin.

“Alhamdulillah rencana kita seminar yang telah berjalan kurang lebih enam bulan, semoga apa yang telah diberikan ilmunya dari pihak Geinber memberikan manfaat bagi teman-teman remaja,” ujar Hj. Eti Sumiati.

Dirinya pun berpesan dan mengingatkan kepada peserta remaja para pemuda di kalapanunggal. “Dan ingat, ini bukan akhir ini adalah awal, insyaallah do’akan mudah-mudahan kita semua diberikan kesehatan, kita buat rencana-rencana kedepannya,” pesannya.

Alhamdulillah saya diberikan pelajaran, dan saya bisa mengambil ilmu dan banyak belajar dari PT hannas fantastic tour yang luar biasa. “Kerjasama itu pasti ada masa berlakunya, karena dulu pun saya kerjasama dengan hannas,” ucapnya.

Kegiatan tersebut juga di apresiasi dan disambut baik oleh camat kalapanunggal, Arif Solihin S.Ip. bahkan dirinya mengajak bergandengan tangan untuk ikut ‘berjuang’ bersama-sama kepada Geinber dan yayasan Baitul insan Ar-Raasyid dalam memberikan ilmu dan motivasi kepada mereka yang menjadi korban usaha riba.

“Kasih ilmu dan motivasi dirinya agar bangkit dari keterpurukan dan ketergantungan dengan riba,” tegasnya.

Ketua panitia, Bakti Batinova menjelaskan terkait kegiatan yayasan Baitul insan Ar-Raasyid yang menjalin kerjasama dengan gerakan Indonesia bermakna (Geinber), juga bersinergi dengan PK KNPI kecamatan kalapanunggal.

“Kegiatan ini insyaallah positif, mengajarkan kita para pemuda untuk selalu berkarya, bermakna dan juga berbisnis,” ujar Bakti.

Kegiatan ini sudah berjalan sejak bulan Agustus sampai dengan saat ini, rencananya kita selesai di bulan Januari. Tapi karena ada lain hal rentetan acara kita selesaikan di bulan Desember.

“Kegiatan ini sudah berjalan enam bulan, dan kegiatan ini sangat direspon baik sekali oleh masyarakat, oleh muspika juga dan alhamdulilah oleh para pemuda kalapanunggal,” tukas Bakti.

Para peserta dari awal mengikuti acara ini. Lanjutnya, jumlah awal peserta hampir 40 peserta lebih sampai sekarang tersisa kurang lebih 30 orang. “Insyaallah ini para penerus di kalapanunggal, para pemimpin dan insyaallah di masa depan akan sukses sekali,” ujarnya.

Salam satu peserta yang mengikuti kegiatan sedari awal dan menjadi peserta di acara, mengaku bangga dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan gerakan Indonesia bermakna (Geinber) dan sangat berterimakasih kepada yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, ketua yayasan dan jajarannya.

“Semua ilmu yang saya dapatkan selama mengikuti acara ini insyaallah Sangat bermanfaat, dan mudah-mudahan bisa mengaplikasikannya. Terimakasih ibu Hj Eti, yayasan Baitul insan Ar-Raasyid, Geinber, muspika kecamatan kalapanunggal dan semua yang terlibat dalam kegiatan,” kata Tazkya.

Diakhir acara, yang dimulai pukul 19.30 sampai dengan 22.30 WIB itu sekaligus penyerahan sertifikat piagam penghargaan dan penyematan PIN. Dan untuk peserta, ada penilaian khusus dari panitia untuk mereka, tiga kategori. Yaitu; terbaik, terfavorit dan terajin. (ADj)