Pekanbaru, Pakuan pos – Pengurus forum Pers independen Indonesia (FPII) setwil Riau mengunjungi kantor Kesbangpol provinsi Riau pada Kamis, (6/8/2020). Jajaran pengurus, menghadiri undangan Kesbangpol untuk mengambil surat keterangan tercatat (SKT). Beberapa bulan yang lalu, FPII mengajukan surat permohonan terdaftar. Seiring dengan waktu, sesuai kelengkapan legalitas, domisili yang akurat dan lengkap. Sebelumnya, Selasa 4 Agustus, dari Kesbangpol berkunjung ke kantor FPII setwil Riau yang beralamat di jalan Budi Utomo I No.06 labuh tidur kota Pekanbaru.

“Kami harapkan (Kesbangpol-red)) rekan rekan FPII bisa menjadi forum pers yang mampu bersinergi dengan Pemerintah dalam pemberitaan yang akurat dan aktul untuk kesatuan bangsa dan politik.” Kata Indra dalam perbincangan dengan jajaran pengurus.

Kesbangpol juga meminta agar FPII dapat melaporkan kegiatan-kegiatan FPII ke Kesbangpol, agar Kesbangpol dapat selalu melihat dan berkomunikasi. Dalam hal pelaporan kegiatan, Kesbangpol juga mengatakan bahwa Kesbangpol juga selalu melakukan penilaian kepada semua yang tercatatnya di Kesbangpol, dan berharap FPII mendapatkan nilai terbaik dari Kesbangpol.

Ketua FPII setwil Riau, Demo Sumarak Siglingging mengatakan dalam perbincangan tersebut, “kami Forum Pers Independent Indonesia memang selalu memberitakan yang akurat dan aktual, juga membangun hubungan yang baik terhadap Pemerintah, dan mengutamakan kemajuan bangsa khususnya untuk Provinsi Riau.” Kata demo Sumarak.

“Bahwa Pers sebagai pilar ke-4 demokrasi setelah lembaga Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif. Lanjutnya, Pers begitu sangat penting dalam kehadiran berdemokrasi, yang mana pers pada hakekatnya berfungsi sebagai alat kontrol sosial dalam dunia demokrasi,” ujarnya.

Dalam hal ini, FPII Siap menjadi garda terdepan dalam membela insan pers, mengingat besarnya pengorbanan dan niat para pendiri FPII dalam membela insan pers yang terjolimi, dan di kriminalisasi. “Untuk itu dengan tegas FPII mengatakan bahwa Forum Pers Independent Indonesia (FPII) bukan tempat para pecundang, penjilat dan penghianat, tapi FPII adalah tempat para pejuang yang akan membela dan memperjuangkan hak insan pers.” Tegasnya.

Press release
FPII setwil Riau