Jakarta, Pakuan pos – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) kembali menggelar perhelatan besar Forum Silaturahmi Alumni (FSA) pada Jumat (19/07/2019) malam. FSA IPB merupakan salah satu kegiatan untuk memperkuat tali silaturahmi alumni IPB dari berbagai angkatan dan bidang profesi. FSA merupakan program rutin HA IPB yang sudah dilaksanakan tiga kali, dan FSA IV bersamaan dengan Halal Bihalal (HBH) HA IPB 2019 digelar Financial Hall Lantai 2, Financial Club Jakarta, Graha CIMB Niaga, Jl Jenderal Sudirman Kavling 58-Jakarta.

Sebagaimana dalam FSA sebelumnya, FSA IV dan HBH HA IPB 2019 ini dimaksudkan untuk semakin memperkuat silaturahmi dan jejaring alumni IPB dari berbagai angkatan dan bidang profesi.

Ketua HA IPB Fathan Kamil menegaskan bahwa penguatan jaringan alumni IPB dalam rangka meningkatkan kebersamaan untuk memberikan kontribusi bagi sesama alumni dari berbagai tingkatan dan almamater yang telah memberikan bekal bagi para alumninya. Lebih dari itu, jejaring alumni IPB juga perlu dioptimalkan untuk semakin aktif dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan bangsa.
“Kami senantiasa membangun kebersamaam alumni IPB yang solid, sinergis dan kontributif. Ini tercermin dari berbagai program yang sudah dan akan terlaksana dalam kepengurusan kami,” tegas Fathan yang juga mantan Ketua Senat Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) IPB ini.

Sebagai informasi, ada beberapa rangkaian acara yang digelar dalam FSA dan HBH tersebut. Selain ajang silaturahmi, para alumni juga akan menikmati suasana santai dengan hiburan musik dari para alumni sendiri dan juga penampilan group band Rektor IPB Arif Satria. Panitia menargetkan sekitar 400 alumni yang hadir nanti semakin memperkuat kebersamaan dan kekompakan alumni IPB.

Dalam FSA dan HBH ini juga diisi dengan talkshow bertema Kontribusi Alumni Terhadap Pembangunan Bangsa. Adapun nara sumber talkshow ini adalah
– Ir. Sunarso, Msi (Wakil Direktur Utama PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk)
– Ir. Arividya Novianto, MM (President & GM Total E&P Indonesia).

Secara khusus, dalam FSA IV dan HBH ini, HA IPB juga akan menyampaikan beberapa program unggulan yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.
Sekjen HA IPB Walneg S Jas mengatakan program unggulan dan prioritas dari HA IPB itu tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak sehingga menjadi karya unggulan dari DPP HA IPB periode 2017-2021.

DPP HA menargetkan minimal ada 10 program besar yang akan menjadi legacy untuk dilanjutkan pada kepengurusan mendatang. Saat ini sudah berjalan 5 program besar sehingga dari belasan rencana program besar lainnya, diharapkan ada 5 program besar lagi yang berkesinambungan.

“10 program unggulan HA IPB ini membutuhkan dukungan, kemitraan atau semacam Bapak Asuh agar bisa terlaksana dengan baik. Ini merupakan salah satu bentuk kontribusi untuk almamater, alumni dan bangsa Indonesia yang berkelanjutan,” katanya.

Untuk diketahui, DPP HA IPB mempunyai sejumlah program unggulan seperti mudik bareng (kerja sama dengan Kementerian Perhubungan) dan Pertemuan Nasional BEM Universitas Pertanian (kerja sama dengan Kementerian Pertanian). Sedangkan beberapa program lainnya, seperti FSA, Mentoring Leader, donor darah, konservasi pohon langka dan Majalah Tanah Air sudah berjalan tetapi belum mempunyai Bapak Asuh atau sponsor tetap.

Selain program diatas, kata Walneg, HA IPB berharap kemitraan atau dukungan dari berbagai pihak bisa menyukseskan program-program unggulan lainnya antara lain program IPB Preneur Land, program HA IPB Connect, program Magenta, program Studi Banding Pengembangan Organisasi (SPORA) HA IPB, Forum Bisnis Antar Alumni (FORBIZ) HA IPB, Semangat Bantu Keluarga Alumni (SAKU) HA IPB, Serbu Hasil Tani (SEHATI) HA IPB dan Wiratani Bangun Desa (WIBASA) HA IPB.

Program-program unggulan tersebut diharapkan bisa terwujud dengan dukungan dari 150.000 jejaring alumni IPB dan para pihak yang terkait lainnya. DPP HA IPB juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkontribusi pada program-program unggulan HA IPB dan berharap semakin banyak alumni dan pihak yang terlibat.

DPP HA IPB
R. Fathan Kamil/Ketua Umum
Walneg S Jas/Sekjen