Ciawi, Pakuan pos – Berkembangnya pariwisata di kawasa Ciawi dan sekitarnya, saat ini tidak seimbang dengan infrastruktur jalan yang ada. Fasilitas pariwisata di Ciawi banyak terdapat di jalur – jalur Kabupaten, padahal lebarnya jalan Tidak mencapai 4 meter.

Kebutuhan akan fasilitas jalan menjadi mendesak, mengingat para wisatawan yang datang dari luar kota kerap menggunakan bus – bus besar. Tak ayal, jika kendaraan berbadan besar tersebut melintas dijalur kabupaten, maka akan menutup seluruh badan jalan, sehingga membuat kemacetan.

Keadaan tersebut, menurut pembina Forum Masyarakat Ciawi (Formacip), Ujang Kamun (Uka), sangat memprihatinkan. Khawatir prospek pariwisata di kawasan Ciawi tidak akan berkembang, Karena direkomendasikan untuk tidak dikunjungi dengan alasan kemacetan dan infrastruktur yang tidak memadai.

“Contoh saja Pariwisata Puncak, karena kemacetan, maka dicoret dari tujuan wisata nasional,” Tegas Uka.

Berkaca dari kejadian tersebut, lanjut Uka, Maka Formacip menolak bus – bus besar untuk memasuki jalan kabupaten, bahkan untuk alasan wisata sekalipun.

“Formacip menolak dengan tegas jika bus – bus besar masuk jalan kabupaten diwilayah Ciawi, meskipun dengan dalih pariwisata,” tutup dia. (Abdan)