Bogor, Pakuan Pos – Ratusan pesilat se-Jabodetabek mengikuti festival pencak silat Pusaka Sunda Cup 1 2022 yang dilaksanakan di alun-alun bale Sulanjana, kecamatan Leuwiliang, kabupaten Bogor Jawa barat Sabtu-Minggu, 30-31 Juli 2022. Acara yang dimulai pukul 08.00 – 18.00 WIB tersebut berlangsung selama dua hari, dan Dihadiri oleh ketua IPSI kabupaten Bogor, camat Leuwiliang, unsur wilayah setempat, para ketua perguruan silat, dan tamu undangan lainnya.

Salah satu peserta yang ikut dalam festival, yaitu perguruan Silat Sabda Sunda kota Bogor yang beralamat di jalan loader No.2 kompleks Binamarga Baranangsiang Bogor timur itu menorehkan prestasi yang membanggakan. Di ajang itu, para pesilat Sabda Sunda mendapatkan medali, dengan perolehan; tiga emas, dua perak, dan dua perunggu. Sekaligus berhak meraih juara umum.

Saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, pelatih di perguruan Sabda Sunda Agung Nurohmat merasa bersyukur dan bangga terhadap anak-anak didiknya, meskipun hanya dengan menurunkan sepuluh atletnya tetapi berhasil mendapatkan medali. “Alhamdulillah Sabda Sunda bisa meraih juara umum, meskipun hanya dengan sepuluh atlet,” kata Agung. Sabtu, (30/7)

Festival pencak silat ini. Lanjut Agung, bisa dikatakan luar biasa, meskipun bisa dibilang tidak terlalu besar tapi sertifikat festival ini bisa dipakai untuk jalur prestasi (japres). Karena ditandatangani langsung oleh ketua IPSI kabupaten Bogor, dan Disdik. “Festival seperti ini harus banyak diselenggarakan, karena untuk memotivasi anak-anak untuk berlatih lebih giat lagi,” ujarnya. (Adj)