Sukabumi, Pakuan pos – Curug sentral jayanegara adalah sebuah air terjun yang terletak di lokasi perkebunan teh jayanegara, kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi Jawa barat. Air terjun ini menurut penuturan penduduk lokal, merupakan sebuah air terjun yang di fungsikan sebagai pembangkit listrik Sentral, kemudian beberapa tahun silam di buatlah sebagai wahana wisata.

Kabandungan mempunyai beragam wisata yang potensial, mulai dari peternakan, perkebunan, budaya, wisata alam dan energi panas buminya yang begitu melimpah.

Memasuki kawasan ini, terasa sekali hawa dingin khas pegunungan. Hamparan kebun teh hijau segar menyambut kedatangan para pengunjung. Tak lama kemudian, kita sampai disebuah bangunan tua yang katanya Dulu adalah tempat pengolahan teh.

Laju motor pun kami arahkan kedalam area bangunan tersebut, dan dari sana letak wisata Curug Sentral sudah sangat dekat sekitar 300 meter saja kurang lebih.

“Jarak ke lokasi Curug nya, tidak terlalu jauh dan jalannya pun nyaman, jadi kalau bawa anak-anak pastinya kuat dan tidak terlalu menguras keringat,” kata Radi Sutama rombongan dari ikatan alumni SMA 1 Cicurug Sukabumi, yang datang membawa keluarganya. Minggu, (28/6/2020)

Pukul 15.00 WIB sore, kami sampai dipintu masuk wisata Curug Sentral. Dari tempat parkir, kami langsung bergegas berjalan kaki menuju air terjun. Jalurnya landai tidak begitu menguras tenaga, melewati perkebunan teh dan disebelah kanan terdapat jurang yang curam.

“Alhamdulillah akhirnya sampai juga di Curug, dan bisa menikmati indahnya pemandangan alam disini dan udaranya sejuk,” ujar Dedi Suhendi, Humas ILUNI96 (ikatan alumni) SMA 1 Cicurug Sukabumi sambil tidak henti-hentinya mengarahkan kamera ponselnya.

Menurut petugas disana, Curug Sentral terdiri dari 7 buah air terjun dan baru dua air terjun saja yang dibuka untuk umum yakni Curug Sentral 1 dan 2.

“Yang paling mudah aksesnya adalah Curug Sentral 1, kalau tiket masuk per orangnya cuman Rp 5000 dan parkir motor Rp 2000,” singkat petugas yang enggan disebut namanya. (ADj)