Jakarta, Pakuan Pos – Paruh waktu dua tahun ke depan, dalam skema membangun dari pinggiran adalah skema membangun ekonomi berbasis desa yang riel dan nyata, BUMDES yang di hadirkan melalui amanat UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa harus menjelma menjadi Lumbung Ekonomi Desa selama ini belum optimal.

Demikian dikatakan ketua umum Presidium Poros Nusantara, Urip Haryanto saat dihubungi melalui pesan WhatsApp. Sabtu, (23/4/2022) malam. Menurut Urip Haryanto, salah satu penggagas Konsep BUMDES melalui Perjuangan Lahirnya undang-undang Desa pada saat yang bersangkutan sebagai Ketua OKK DPN PARADE Nusantara.

“Sedikit saja keliru memaknai spirit UU Desa, maka tak akan menemukan Ruh swakelola dalam pelaksanaan UU Desa terutama di soal BUMDES,” Kata Urip Haryanto.

lebih jauh Urip Haryanto yang kini di tunjuk sebagai Ketua Umum DPP Presidium Poros Nusantara menambahkan, BUMDES di setiap desa adalah wujud Lumbung Desa era modern, yang berbahaya adalah ketika BUMDES justru hadir menjadi Pesaing Baru bagi UMKM dan Pedagang Kecil di setiap Desa.

“BUMDES harus kembali kepada Marwah Kelahiran nya sebagai Regulator Distribusi Ekonomi Masyarakat Desa, dengan demikian Desa menjadi Kekuatan Riel Ekonomi Kerakyatan, disitulah Ketahanan Ekonomi dan Pangan Nasional, “katanya.

UU desa tidak terlahir begitu saja membutuhkan perjuangan yang tidak sedikit, terlahir dari dasar pemikiran dan secara filosofis semangat UU desa yaitu menerapkan amanat konstitusi, yang menegaskan negara mengakui dan menghormati kesatuan kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisional nya, meretas Jalan nusantara untuk keberlangsungan bangsa..

Saat ini ketua umum Presidium Poros Nusantara tersebut diusulkan untuk ditugaskan sebagai wakil menteri Desa dan percepatan pembangunan daerah tertinggal (Wamendes PDT). Salah satu dukungan itu disampaikan oleh H. Iman Nur Jaman, kepala Desa Sukamulya, kecamatan Warung kondang, kabupaten Cianjur, Jawa barat Indonesia.

“Saya sangat mendukung sekali, beliau dari segi keilmuannya sangat mumpuni. Pak Urip punya kapasitas, baik keilmuan maupun pengalaman, jadi insya Allah sangat cocok,” ujar H. Iman Nur Jaman.

Saya sudah mengenal lama dengan beliau. Lanjutnya, mudah-mudahan kementerian PDT tersebut ataupun Wamendes semakin baik ketika beliau pun ikut di jajarannya. “Indonesia lebih baik, lebih maju, lebih tertata, dan kesejahteraan warga masyarakat Desa semakin diperhatikan,” pungkasnya. (Adj)